Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI)

Authors

  • Khusnul Mudawamah SMP Negeri 1 Ngoro Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.254

Keywords:

Hasil Belajar, Literasi Sains, Pendekatan Saintifik, Socio Scientific Issues, Materi Pencemaran Lingkungan

Abstract

Literasi sains merupakan bekal siswa untuk berpartisipasi cerdas dalam kehidupan social bermasyarakat. Literasi sains merupakan cara-cara sains yang dapat digunakan oleh siswa untuk mengatasi permasalahan hidup lebih bertanggung jawab dan kehidupan yang lebih baik. Hasil analisis PISA tahun 2012, kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Menurut PISA hal ini diduga disebabkan karena kurikulum, pembelajaran, dan asesmen di Indonesia masih menitikberatkan pada dimensi konten namun melupakan dimensi proses dan konteks sains Untuk meningkatkan  hasil belajar dan literasi sains siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto maka diterapkan pendekatan saintifik berbasis socio-scientific  issues materi pencemaran lingkungan. Socio-scientific issues adalah isu-isu sosial yang berhubungan dengan sains. Jenis penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari dua siklus, masing--masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan revisi. Hasil dari refleksi pada siklus 1 dianalisis dan selanjutnya diadakan revisi sebagai tindak lanjut untuk diadakan penyempurnaan pada siklus 2.  Hasil penelitian menunjukkan adanya kenaikan secara signifikan hasil belajar siswa pada siklus 1 rata-rata 71,51, pada siklus 2 rata-rata 80,93. Hasil keterampilan proses sains siswa pada siklus 1 rata-rata 75,39, pada siklus 2 rata—rata 93,15. Ketuntasan belajar dengan KKM 75 pada siklus 1 61,29%, sedangkan siklus 2 90%. Literasi sains siswa juga mengalami peningkatan level. Siklus 1 rata-rata level 3 sedangkan siklus 2 level 4. Keterlaksanaan RPP pada siklus 1 86%, sedangkan siklus 2, 90%. Aktivitas siswa aktif dalam pembelajaran, respon siswa positif terhadap pembelajaran. Penerapan pendekatan saintific juga meningkatkan minat siswa untuk belajar IPA lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berbasis socio-scientific  issues dapat  meningkatkan hasil belajar dan literasi sains siswa SMP N 1 Ngoro Mojokerto materi pencemaran lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarsari, P. (2014). “Literasi Sains dalam Kurikulum dan Pembelajaran IPA SMPâ€. Surabaya:Prosiding Semnas Pensa VI

Bybee, R. W., & Landes, N. M. (2006) What research says about new science curriculums (BSCS) Science and Children, 25, 35-39.

DeBoer, G.E. (2000). “Scientific Literacy: Another Look at Its Historical and Contemporary Meanings and Its Relationship to Science Education Reform. Journal of Research in Science Teaching, 37. No. 6, Februari 2000.

Holbrook, J., &Rannikmae, M. 2009. The meaning of Scientific Literacy International. Journalof Environment&ScienceTeachin,g4(3).275-278.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013) Permendikbud RI No. 81 A. (2013) Implementasi kurikulum. Jakarta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (201)3. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs).Jakarta:Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud RI No. 103 Tahun 2014 tentang pedoman pelaksanaan pembelajaran pendidikan dasar dan menengah.Jakarta: Kemendikbud.

Laugksch, R.,C. (2000). Scientific Literacy: A Conceptual Overview. School of Education,University of Cape Town, Private Bag. 7701 Rondebosch, South Africa.

Muijs, Daniel and David Reynold. (2008). Effective Teaching Evidence and Parctice. London: Sage Publication Ltd London.

OECD. (2015)Measuring Student Knowledge andskills; A New Frame work for Assesment,Paris,OECD.

Rahayu, S. (2014). “Menuju Masyarakat Berliterasi Sains: Harapan dan Tantangan Kurikulum

Makalah Utama, Semnas Kimia dan Pembelajarannya. Inovasi Pembelajaran Kimia dan Perkembangan Riset Kimia dan Sains Kimia FPMIPA FKIP Udayana, 8 Mei 2015.

Toharudin, U., Rustaman, A., dan Herawati, S. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik Bandung: Humaniora

Widodo, W., Suryanda, A., Cahyana, U., Rachmadiarti, F., Hidayati, S.,N., Kistinah, I., Anifah, A. &Suryatin, B., dkk. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Buku Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

PlumX Metrics

Published

2020-09-25

How to Cite

Mudawamah, K. (2020). Peningkatan Hasil Belajar dan Literasi Sains Siswa SMPN 1 Ngoro Mojokerto melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbasis Socio-scientific issues (SSI). Science Education and Application Journal, 2(2), 52–65. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.254