Pengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Materi Perbandingan

Authors

  • Nirmala Wulan Suci
  • Hobri Hobri
  • Randi Pratama Murtikusuma

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.131

Keywords:

Pengembangan, GameSalad, Game Android, Perbandingan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan game android untuk siswa SMP Kelas VII materi perbandingan berbasis game android berbantuan software GameSalad. Model pengembangan ini adalah model Thiagarajan dikenal model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,93 dengan kategori valid ditafsirkan sangat tinggi dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 82,5% yang berarti kategori baik dengan penggunaan angket respon siswa, dan tes efektif menunjukkan hasil 81,5% dari 32 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa game android dalam materi perbandingan dapat dinyatakan sebagai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hobri Hobri

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jember

Randi Pratama Murtikusuma

Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jember

References

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Zubaidah, A. R. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswa Pressindo.

R. P. Murtikusuma, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deretâ€, Saintifika, vol. 17, no. 2, pp. 20–33, 2015

F. L. Safitri, Susanto, and A. Fatahillah, “Analisis Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Jember Berdasarkan Polya Dengan Pemberian Scaffolding Pokok Bahasan Kubus dan Balok,†Kadikma, vol. 8, no. 2, pp. 155165, 2017.

R. Nisyak, D. Trapsilasiwi, and A. Fatahillah, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat"Kadikma, vol. 9, no. 2, pp 155-164, 2018.

L.I. Hermawan, Hobri, and R.P. Murtikusuma, "Pengembangan E-comic Berbantuan Pixton pada Materi Program Linier Dua Variabel", Kadikma, vol. 9, no. 2, pp. 79, 2018.

K. T. Martono, "Perancangan Game Edukasi 'Fish Indetity" dengan Menggunakan Java TM" J. Sistem Komputer, vol. 2, no. 1, p. 49-54, 2011.

M. Ninaus., et al. " SiGMA: a Software Framework for Integrating Advanced Mathematical Capabilities in Serious Game Development", Computers in Human Behavior Journal , vol. 1, no. 70, p. 319-325, 2017.

H. Liberna, "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel," J. Formatif, vol. , no. 3,pp.190-197, 2016.

Guerineau, D. 2012. Learn GameSalad for iOS Game Development for iPhone, iPad, and HTML5. New York: Apress.

Safaat, N. 2012. Android Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan Tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika Bandung.

PlumX Metrics

Published

2019-08-31

How to Cite

Suci, N. W., Hobri, H., & Murtikusuma, R. P. (2019). Pengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Materi Perbandingan. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 65–73. https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.131