Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar

Fitrianingrum Fitrianingrum, Mochammad Abdul Basir

Sari


Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

 

 

BASE Logo

 

 

 

 

 



Publisher

Department of Mathematics Education

Faculty of Teacher Training and Education

Lamongan Islamic University

Jl. Veteran No.53A Lamongan, Indonesia

 

 

Lisensi Creative Commons

VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, p-ISSN : 2656-2286 , e-ISSN:2656-5846, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.