Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok

Ria Fibriana Sari, I Ketut Budayasa, Agung Lukito

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik.

Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.

   

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.191

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

 

 

BASE Logo

 

 

 

 

 



Publisher

Department of Mathematics Education

Faculty of Teacher Training and Education

Lamongan Islamic University

Jl. Veteran No.53A Lamongan, Indonesia

 

 

Lisensi Creative Commons

VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, p-ISSN : 2656-2286 , e-ISSN:2656-5846, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.