Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika

Endro Tri Susdarwono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji beda pengajaran matematika dengan menggunakan pemahaman filsafat matematika terhadap nilai soal matematika yang tergolong kategori sulit. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Pengujian yang digunakan dengan memakai analisis varians sederhana dan uji scheffe. Hasil penelitian eksperimen ini mengungkapkan bahwa dengan analis varians ada beda yang signifikan antara mean-mean kelompok, yaitu kelompok 1 sebagai variabel control, kelompok 2 sebagai variabel eksperimen dengan lama setengah semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika dan kelompok 3 sebagai variabel eksperimen dengan lama satu semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika serta melalui uji scheffe disimpulkan bahwa kelompok eksperimen secara signifikan bepenampilan lebih baik dibandingkan kelompok control.

Kata Kunci


analysis of variance; experimental research; mathematical philosophy; Mathematics; Scheffe test

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku

Alisah, Evawati & Dharmawan, Eko Prasetyo. (2007). Filsafat Dunia Matematika: Pengantar untuk Memaham Konsep-Konsep Matematika. Jakarta: Prestas Pustakaraya.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill Companies. Inc.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lukiastuti, Fitri & Hamdani, Muliawan. (2021). Statistika Non Parametris. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2014). Statistika Terapan. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.

Jurnal

Aminah, S., Wijaya, T.T., & Yuspriyanti, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.

Dwidarti, U., Mampouw, Lygia, H. & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Fauzi, A., Waluya, B., & Masrukan. (2019). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbasis soal open-ended untuk meningkatkan komunikasi. Phenomenon, 9(1), 87-98.

Halim,F., & Rasidah, N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan (analysis of student errors in resolcing the problem of Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35-44.

Irmawati, Rukli, & Bharllah. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan metode discovery learning berbasis grander di sekolah dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-139.

Martini, S., & Al, E. (2018). Pengaruh pendekatan realistic terhadap kemampuan komunikasi dan self confidence siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 149-156.

Simarmata, A.M, Wibowo, M.R.H., Hutajulu, M., & Hendriana, H. (2018). Motivasi belajar siswa smp dengan menggunakan. Jurnal Prisma, VII(2), 135-144.

Yenni, & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah sruktur aljabar. Teorema: TEori dan Riset Matematika, 4(2), 75-82.

Yuharsono. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmetika social dengan pendekatan matematika realistic dan model belajar kooperatif tipe stad. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 92-106.

Zakiah, N.e., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.

Zanthy, L.S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.240

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.