Lembar Kerja Siswa untuk Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Aulia Mawar Yuwita, Nyayu Masyita Ariani

Sari


Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa untuk kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition. Subjek yang menjadi fokus penelitian adalah siswa SMPN 20 Kota Bengkulu kelas VIII. Digunakan model 4-D dalam pengembangan LKS ini. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 Januari-27 Februari 2020. LKS yang dihasilkan telah valid berdasarkan pertimbangan 3 validator dan uji Q Chochran. Uji Q Chochran menunjukkan hasil Q hitung lebih kecil dari tabel taraf signifikasi , yang artinya ketiga validator sepakat bahwa LKS valid. Hasil yang didapatkan pada uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan tinggi dengan skor keprakatisan rata-rata secara keseluruhan adalah sebesar 3,53.

Kata Kunci


lembar kerja siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriyani, R. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk SMP Kelas VII. [Online]. Tersedia:http://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxgvlr5NddySgAbwb3RQx.;_ylu=X3oDMTBycnYxMDN2BGNvbG8Dc2czBHBvcwM2BHZ0aWQDBHNIYwNzcg-- [22 November 2019].

Handayani, I,M. 2014. Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. [online]. Tersedia:http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18854 [12 Oktober 2019].

Hidayanti, D & Utami, T.H. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk SMP Kelas VIII. Tersedia:http://ejurnal.citrabakti.ac.id/indeks.php/jipcb/article/view/76 [12 Oktober 2019].

Fahrudi, F. E. 2019. Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari kemampuan Akademik Siswa.[Online]. Tersedia: http://repo-tulungagung.ac.id/10797/ [19 Februari 2020].

Fitri, N., Hundiono, B., & Ahmad, D. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Dengan Wawancara Klinis Pada Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP. [Online]. Tersedia:http://media.neliti.com/media/publications/214655-meningkatkan-kemampuan-penalaran-siswa-d.pdf [13 November 2019].

Khadijah, S,.& Sukmawati, R.A. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dalam Pengajaran Matematika Di Kesa VII MTS. [Online]. Tersedia:http://ppjp.ulm.ac.id/jurnal/index.php/edumat/article/download/568/485 [10 Oktober 2019].

Permendikbud. Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang: Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud. [online]. Tersedia:http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.infoguruku.net/2019/01/download-permendikbud-no37-tahun-2018.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwiW75_tq6flAhUy8HMBHSUxC7kQFjADegQIAxAB&usg=ADvVaw3CEelJyGsc7MZMfIm3l6QS [05 Desember 2019].

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grub

Rumus Hitung. 2013. Tabel Chi Kuadrat Dan Cara Penggunaannya. [online]. Tersedia:http://rumushitung.com/2013/02/02tabel-chi-square-dan-cara-menggunakannya/ [7 Desember 2019].

Sugiyono. 2011. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ubaidah, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Buku Siswa Pada Materi Persamaan Trigonometri. [Online]. Tersedia:http://jurnal.umj.ac.id/indeks.php/fbc/article/view/1725 [15 Oktober 2019].




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.