Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi

Authors

  • Rivatul Ridho Elvierayani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.13

Abstract

Segala tindakan spontan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika merupakan gesture.  Penelitian  terhadap  tiga  kelompok  siswa  yangmana  setiap  kelompok  terdiri dari  dua  siswa  semuanya  menggunakan  gesture  berdasarkan  klasifikasi  McNeill. Gesture yang dilakukan sebanyak 53 gesture, diantaranya terdiri dari 13 gesture ikonik, 9  gesture  metaforik  dan  31  gesture  deiktik.  Gesture  ikonik,  metaforik  dan  deiktik ditemui  dalam  tiga  cara  baik  itu  disertai  ucapan  maupun  tidak  disertai  ucapan. Pertama  siswa  menggunakan  gesture  ikonik,  metaforik  dan  deiktik  di  atas  kertas, kedua  dilakukan  diatas  meja  dan  ketiga  dilakukan  di  udara.  Sesuai  dengan  hipotesis McNeill  bahwa  gesture  matematis  siswa  memiliki  gerakan-gerakan  khusus  untuk menjelaskan  istilah-  istilah  matematika,  dan  gerakan  ini  menyerupai  gerakan  isyarat namun tidak semuanya mengacu pada gerakan isyarat.

Keywords: pemecahan masalah, gesture, gesture ikonik, gesture metaforik, gesture deiktik.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2016-12-01

How to Cite

Elvierayani, R. R. (2016). Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.13