ANALISIS KEBUTUHAN FUNGSI DAN EXPRESI BAHASA UNTUK RESEPSIONIS DI HOTEL BERBINTANG DI BALI

A.A.Ngr. Yudha M. Mahardika

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan fungsi dan ekspresi bahasa yang dibutuhkan oleh seorang Penerima tamu (resepsionis) di hotel-hotel berbintang di Bali. Penelitian ini berjenis penelitian analisis kebutuhan. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan. Informasi yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif. Dari penelitian diperoleh beberapa temuan (1) Fungsi-fungsi bahasa yang muncul disesuaikan dengan 4 tugas utama resepsionis yaitu sebelum kedatangan, saat kedatangan, saat tamu menginap, dan keberangkatan. Masing-masing tugas tersebut terbagi-lagi menjadi beberapa aktivitas sesuai dengan SOP. (2) Ekspresi-ekspresi berbahasa yang muncul untuk masing-masing fungsi bahasa bervariasi disesuaikan dengan karakteristik hotel serta hubungan keakraban dengan tamu. Ekspresi-ekspresi bahasa yang muncul dipergunakan secara spesifik hanya di ranah kantor depan oleh para resepsionis. Dari hasil penelitian, dibutuhkan penelitian lanjutan dalam hal pengembangan silabus dan perbaikan proses pembelajaran yang didasarkan atas hasil analisis kebutuhan.

Kata Kunci: Analisis kebutuhan, Fungsi dan ekspresi bahasa, Resepsionis

Kata Kunci


Analisis kebutuhan, Fungsi dan ekspresi bahasa, Resepsionis

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.142

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.