PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY INQUIRY TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 18 SURABAYA

Authors

  • Eko Sulistiono
  • Fita Faridah

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.197

Keywords:

Perangkat pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

Pengalaman sain sebagai inkuiri, siswa belajar bagaimana menjadi ilmuwan. Siswa belajar lebih dari sekedar suatu body of consepts and fact, mereka belajar proses-proses yang terlibat dalam penemuan konsep-konsep dan fakta-fakta. Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 18 Surabaya selama tiga (4) kali pertemuan di kelas X-5 semester genap. Pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke tiga digunakan sebagai pembelajaran sedangkan petemuan ke empat digunakan untuk pelaksanaan ulangan harian. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model discovery inquiry. Hasil rekapitulasi pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran yang berorientasi pada model pengajaran discovery inquiry menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat berada dalam kategori baik, hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diberikan sesuai dengan perangkat yang dibua. Berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada siswa diperoleh bahwa ketuntasan belajar secara klasikal dapat tercapai dengan baik meskipun terdapat beberapa siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

How to Cite

Sulistiono, E., & Faridah, F. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY INQUIRY TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 18 SURABAYA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 19–24. https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.197