PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU BAHASA MELALUI SUPERVISI PENGAJARAN KEPALA SEKOLAH

Fathurrahman Fathurrahman

Sari


Pengajaran bahasa indonesia di sekolah dimaksudkan untuk membimbing peserta didik dalam menghasilkan kecerdasan berbahasa, yaitu kemampuan dalam mengggunaan kata dan kalimat yang baik dan benar dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat sekitar. Untuk memenuhi tercapainya tujuan sekolah dalam pengajaran bahasa diperlukan guru profesional yang mampu mendidik dan membimbing peserta didik dalam melakukan proses internalisasi nilai kebahasaan, memilih pendekatan dan metode pengajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kehadiran guru profesional tidak dapat dilepaskan dari peran dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor yang memberikan bantuan profesional kepada guru untuk selalu berkembang. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan kegiatan supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah SMP Negeri 2 Lamongan tahun 2017 kaitannya dengan upaya peningkatan profesionalisme guru bahasa Indonesia. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan untuk analisis data menggunakan model analisis induksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui; Pertama dengan supervisi pengajaran meliputi: Observasi kelas, fasilitasi MGMP sekolah dan MGMP kabupaten, penilaian kinerja, mengikutkan pelatihan dan workshop, dan melaksanakan pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Kedua, dengan menyelenggarakan program literasi, peningkatan kapasitas perpustakaan, mendirikan Reading Corner, Bulan Bahas dengan berbagai lomba kebahasaan, menerbitkan majalah sekolah, dan membuat Daring Amanah (jurnal harian anak yang berisi catatan kegiatan literasi, mengarang, mengaji Al-Quran, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan, dan doa awal masuk sekolah).

Kata Kunci: Profesionalisme guru, Supervisi pengajaran, kepala sekolah.

Kata Kunci


Profesionalisme guru, Supervisi pengajaran, kepala sekolah.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/rf.v7i1.199

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.