TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA

Authors

  • Madekhan Madekhan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v2i1.6

Abstract

Kajian ini berupaya menggambarkan bagaimana pesantren saat ini dituntut untuk melakukan pembaruan   perannya   di   masyarakat.   Melalui   studi   kepustakaan,   dihasilkan   sejumlah kerangka  konseptual  terkait  peran  pesantren yang  sesuai  kondisi  kekinian  di  Indonesia. Melalui  model  analisis  pembelajaran  yang  selama  ini  diterapkan di pesantren, ditemukan bahwa pesantren semakin banyak mengadopsi pola dan muatan pembelajaran lembaga-lembaga pendidikan di luarnya. Hal ini terjadi didorong oleh upaya Pesantren untuk lebih berperan menyiapkan alumninya mampu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi dari gerakan pembaruan peran, muncul tiga model peran, yaitu Model 1, lembaga pendidikan, dimana selain berperan sebagai lembaga pendidikan Islam, pengembangan keilmuan, dan kepelatihan life skill santri. Model 2, Pesantren Sebagai Lembaga Pemberdayaan Masyarakat. Model 3, pesantren sebagai sentra pendidikan kewirausahaan.

Keywords: Model Peran, Pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2016-05-01

How to Cite

Madekhan, M. (2016). TIGA MODEL PERAN STRATEGIS PESANTREN DI INDONESIA. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v2i1.6