Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Dengan Tema Bermain Di Lingkunganku Melalui Model Pembelajaran Transformatif (Transformative Lerning ) Kelas Ii-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan

Authors

  • Nida Ul Hasanah Guru Sekolah Dasar Negeri Kepatihan Kabupaten Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.711

Keywords:

Hasil Belajar, Tematik, Transformasional Learning

Abstract

Tujuan diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Tematik dengan tema bermain di lingkunganku melalui Model Pembelajaran Transformatif (Transformative Lerning) kelas II-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamongan Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran transformatif (transformative learning) memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Kepatihan Kec. Lamongan Kab. Lamongan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 56,56% ( siklus I ) ; 64,06 % ( siklus II ) ; 99,64 % (siklus III).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Aqib, Z. . 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikiawan.

Depdiknas RI 2003.Undang Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas.

Kusmono, dkk. . 2008. Ilmu Pengetahuan Solsial SD Kelas II. Jakarta: Smart Education.

Mustoha Amin, dkk. 2008. Senang Matematika SD Kelas II. Jakarta: Smart Education.

Sumantri Mulyani. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Supreyeti, Dra, M.Pd, dkk. 2006. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

PlumX Metrics

Published

2022-12-21

How to Cite

Ul Hasanah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Tematik Dengan Tema Bermain Di Lingkunganku Melalui Model Pembelajaran Transformatif (Transformative Lerning ) Kelas Ii-B SDN Kepatihan Kec. Lamongan. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 56–62. https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.711

Issue

Section

Artikel