Optimalisasi Field Trip Berbantuan Webquest Pada Materi Geometri untuk Meningkatkan Life Skill Mahasiswa

Authors

  • Erdyna Dwi Etika STKIP PGRI Nganjuk
  • Imega Syahlita Dewi STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.143

Keywords:

Field Trip, Life Skill, Webquest

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk  mengetahui perkembangan life skills mahasiswa pada materi geometri dengan menggunakan metode field trip berbantuan webquest. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja online, lembar observasi dan performance based evaluation sheet. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Data penelitian adalah tingkatan life skill mahasiswa. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Field Trip berbantuan webquest secara optimal meningkatkan life skill mahasiswa. Peningkatan life skill ini terbukti dari peningkatan rata-rata life skill di prasiklus adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus I adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus II adalah 71,75 dengan kategori sedang dan pada siklus III adalah 77,25 dengan kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amosa, A.G., Ogunlade, O.O., & Atobatele, A.S. (2015). Effect of field trip on student academic performance in basic technology in Ilorin Metropolis, Nigeria. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3 (2): 1-6.

Arifin, Z, (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, p. 241-242

Broda, H. W. (2011). Moving the classroom outdoors: Schoolyard-enhanced learning in action. Stenhouse Publishers.

Omosewo, E. O. (2009). Formal instructional method (3): laboratory, demonstration and field trip methods on instruction. principle and practice of instruction. Ilorin Nigeria: Bamitex.

Patrick, P.D., Mathews, C., & Korfiatis, K.J. (2013). Using a Field Trip Inventory to Determine If Listening to Elementary School Students' Conversations, While on a Zoo Field Trip, Enhances Preservice Teachers' Abilities to Plan Zoo Field Trips

Risca (29 Januari 2013). Diskusi Panel :Konsep KKNI dan Pengembangan Life Skill. Faculty of Economi and Bisnis Universitas Brawijaya. (Online). http://feb.ub.ac.id/diskusi-panel-konsep-kkni-dan-pengembangan-life-skill.html. diakses pada 12 Mei 2018.

Roestiyah. (2001), "Strategi belajar mengajar," in Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, p. 85.

Yusuf, M. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34-44.

PlumX Metrics

Published

2019-08-31

How to Cite

Etika, E. D., & Dewi, I. S. (2019). Optimalisasi Field Trip Berbantuan Webquest Pada Materi Geometri untuk Meningkatkan Life Skill Mahasiswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 111–124. https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.143