Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistik

Authors

  • Nunuy Nurkaeti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya
  • Vira Pratiwi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya
  • Fara Diba Catur Putri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.182

Keywords:

pemahaman instrumental, pemahaman relasional

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis menurut Skemp dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa PGSD masih kurang. Siswa yang berada pada kategori unggul sudah mampu menyelesaikan soal statistik yang mengkur kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Namun, dalam menyeleasikan soal yang mengkur kemampuan pemahaman relasional masih kurang efektif. Mahsiswa yang berada pada kategori papak dan asor hanya mencapai kemampaun instrumental.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nunuy Nurkaeti, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya

Dosen Tetap di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Vira Pratiwi, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya

Dosen Tetap Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fara Diba Catur Putri, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya - Ubhara Jaya

Dosen Tetap Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

References

Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1 (2), 131 – 145.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

National Council of Teacher of Mathematics. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Diakses dari http://www.nctm.org/Conferences-and-ProfessionalDevelopment/Professional-Development-Guides-%28Reflection-Guides%29/Principles-toActions_-Ensuring-Mathematical-Success-for-All

Nurkaeti, N., Turmudi, Karso, Pratiwi, V., Aryanto, S., & Gumala, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Open-Ended Berbasis Metakognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/156

Rismawati, M. & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 91 – 105.

Skemp, R.R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20 – 26.

Suryana, A. (2015). Analisis Kemampuan Membaca Bukti Matematis Pada Matakuliah Statistika Matematika. Infinity Journal, 4 (1), 84 – 95.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

PlumX Metrics

Published

2020-02-28

How to Cite

Nurkaeti, N., Pratiwi, V., & Putri, F. D. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistik. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.182