FUNGSI PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL KONTEMPORER
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.252Keywords:
Fungsi pendidikan, sosial kontemporerAbstract
Perubahan sosial di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, tercatat begitu dinamis, termasuk di dalamnya inovasi teknologi digital saat ini. Interelasi pendidikan dengan perubahan sosial dalam kajian berbasis kepustakaan ini dipusatkan pada empat sub kajian dimana ditemukan bahwa: 1) perubahan lingkungan menuntut adaptasi di internal masyarakat. Sementara pengaruh eksternal menyebabkan diterimanya nilai-nilai dan tata tata perilaku baru. 2). Fungsi pendidikan khususnya pada upaya membentuk perubahan sosial yang terpola atau direncanakan. Melalui pendidikan dirancang arah perubahan sosial atas dasar prediksi-prediksi ilmiah, sehingga akibatnya bisa diramalkan. 3) Implikasinya, pendidikan – melalui pendidiknya bisa menjadi alat kontrol sosial yang efektif dalam membentuk masyarakat baru. 4) terdapat prinsip – prinsip pengajaran baru yang wajib untuk diterapkan pendidik di era transformasi digital saat ini. Kata Kunci: Fungsi pendidikan, sosial kontemporerDownloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2020-06-30
How to Cite
Madekhan, M. (2020). FUNGSI PENDIDIKAN DALAM PERUBAHAN SOSIAL KONTEMPORER. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 51–60. https://doi.org/10.30736/rf.v9i1.252
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran