EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN

Authors

  • Abdul Muiz Universitas Islam Lamongan
  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.454

Keywords:

Evaluasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menemukan bentuk prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama Islam di MTs Hidayatul Muta’allimin Datinawong Babat Lamongan; (2) mendeskripsikan faktor -faktor yang mempengaruhi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam Pendidikan Agama Islam; (3) menjelaskan cara yang tepat untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip belajar Utsman Najati. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan model normatif-evaluatif. Hasil penelitian ini menunjukkan; (1) implementasi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam bentuk motivasi, pengulangan belajar, partisipasi aktif, perhatian, pembagian belajar, dan perubahan perilaku secara bertahap. (2) faktor yang mempengaruhi; (a) faktor pendukung, yaitu: integrasi program kepondokan dengan madrasah, keseragaman gender, ketersedian sarana prasarana memadai, aturan yang jelas, keteladanan yang ditampilkan guru, dan kemampuan guru menggunakan berbagai metode pembelajaran; (b) faktor penghambat, yaitu: kegiatan madrasah terlalu padat, kemampuan murid beragam, buku referensi belum lengkap, alat peraga pembelajaran belum lengkap, kemampuan guru dalam mengajar belum merata, indisipliner, dan ada pihak-pihak yang belum terampil memberikan keteladanan. (3) Implementasi prinsip-prinsip belajar Utsman Najati dalam pembelajaran PAI adalah: (a) merencanakan kurikulum pembelajaran mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotorik kedalam Rencana Program Pembelajaran (RPP) sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP), ( b) memadukan kurikulum PAI madrasah dengan kurikulum kepondokan, (c) melakukan pengawasan berjenjang, (d) mengevaluasi pelaksanaan kurikulum pembelajaran PAI secara berkelanjutan, (e) merekonstruksi kurikulum pembelajaran PAI dengan mengacu kepada hasil evaluasi kurikulum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.B.PHasan. Psikologi Islam Sebagai Ilmu Pengetahuan: Epistemologi dan Pengembangan di Masa Depan. Jurnal Psikologi. Vol. V, No. 1, Juni 2012.

Assegaf, Abd. Rachman. 2012. Antologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Idea Press.

Assegaf, Abdul Rachman. 2004. Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi: Buah Pikiran Seputar Filsafat, Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

A.S.A Latifah. Proses Pembelajaran Agama Islam di SMA Plus Assalam Bandung. Jurnal Tarbawi, Vol. 1, No. 1, Tahun 2012.

Baharuddin. 2013. Aktualisasi Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin. 2012. Psikologi Agama: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-prinsip Psikologi. Jakar ta: Rajawali.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Rosda Karya.

Mulyati. 2007. Pengantar Psikologi Belajar. Yogyakarta: Quality Publishing.

Najati, Utsman. 2005. Psikologi dalam Al-Qur’an: Terapi Qur’ani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan. Pustaka Setia. Bandung.

Najati, Utsman. 2001. Al-Qur’an Wa ‘Ilmun Nafs. Beirut: Daarus Syur uuq.

Shaleh, Abdul Rahman. 2009. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakar ta: Kencana.

Sur yabrata, Sumadi. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakar ta: Rajawali Pers.

PlumX Metrics

Published

2021-06-02

How to Cite

Muiz, A., & Fathurrahman, F. (2021). EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH HIDAYATUL MUTA’ALLIMIN DATINAWONG BABAT LAMONGAN. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 32–39. https://doi.org/10.30736/rf.v10i1.454

Issue

Section

Artikel