Implementasi Blended Learning Metode Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.652Keywords:
Blended learning, flipped classroom, literasi matematisAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir literasi matematis siswa dengan pembelajaran blended learning metode flipped classroom pada siswa SMP kelas 7. Populasi yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing masing berjumlah 25 siswa. Kelas kontrol diberikan desain pembelajaran blended learning secara tradisional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran blended learning metode flipped classroom. Blended learning dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran secara tatap muka dan tatap maya. Flipped classroom menekankan pada pemberian materi di awal pembelajaran, dan pendalaman materi secara terbimbing. Instrument penelitian berupa 8 butir soal essay. Metode penelitian yang digunakan berupa quasi eksperimental design Nonequivalent Control Group Design
Downloads
References
Astuti, D. A. &, & Novita, D. (2019). Blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Prosiding Sendika, 5(1), 191–199.
Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348
Khaulasari, H. (2022). Optimalisasi Blended Learning Model flipped classroom Pada Perkuliahan Time Series di Prodi Matematika. 5, 25–34.
Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035
Purwitasari, D. ., Astawa, I. W. ., & Sudiarta, I. G. . (2019). Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 50–59. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2852
Rahmah, & Ikashaum, F. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Model Flipped Classroom Di Era Pandemik Covid-19. Journal of Mathematics Education, 2(1), 75–82.
Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. 05(01), 735–743.
Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 51–56. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2224
Senides, E., Taunu, H., Kristen, U., Wacana, W., Iriani, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri.
Setiawan, T. H., & Pamulang, U. (2020). Efektifitas penerapan blended learning dalam mahasiswa melalui jejaring schoology di masa pandemi Covid-19. 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506
Sufia, R., & Novita Lestari, U. (2020). Implementasi Blended Learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Untuk Menumbuhkan Kemandirin Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD YP Nasional Surabaya. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.24
Winanti, A. R. (2022). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.326
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran