Implementasi Blended Learning Metode Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa

Authors

  • UMI NURHAYATI

DOI:

https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.652

Keywords:

Blended learning, flipped classroom, literasi matematis

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir literasi matematis siswa dengan pembelajaran blended learning metode flipped classroom pada siswa SMP kelas 7. Populasi yang digunakan terdiri dari 2 kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing masing berjumlah 25 siswa. Kelas kontrol diberikan desain pembelajaran blended learning secara tradisional, sedangkan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran blended learning metode flipped classroom. Blended learning dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran secara tatap muka dan tatap maya. Flipped classroom menekankan pada pemberian materi di awal pembelajaran, dan pendalaman materi secara terbimbing. Instrument penelitian berupa 8 butir soal essay. Metode penelitian yang digunakan berupa quasi eksperimental design Nonequivalent Control Group Design

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, D. A. &, & Novita, D. (2019). Blended learning terhadap kemampuan komunikasi matematis. Prosiding Sendika, 5(1), 191–199.

Banila, L., Lestari, H., & Siskandar, R. (2021). Penerapan blended learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19. Journal of Biology Learning, 3(1), 25. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1348

Khaulasari, H. (2022). Optimalisasi Blended Learning Model flipped classroom Pada Perkuliahan Time Series di Prodi Matematika. 5, 25–34.

Noviyanti, F., Sugiharta, I., & Farida, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 173–180. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4035

Purwitasari, D. ., Astawa, I. W. ., & Sudiarta, I. G. . (2019). Penerapan Blended Learning Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 50–59. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2852

Rahmah, & Ikashaum, F. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Model Flipped Classroom Di Era Pandemik Covid-19. Journal of Mathematics Education, 2(1), 75–82.

Safitri, I. (2021). Pengaruh Blended Learning Terhadap Peningkatan Literasi Matematika Siswa. 05(01), 735–743.

Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 51–56. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/2224

Senides, E., Taunu, H., Kristen, U., Wacana, W., Iriani, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri.

Setiawan, T. H., & Pamulang, U. (2020). Efektifitas penerapan blended learning dalam mahasiswa melalui jejaring schoology di masa pandemi Covid-19. 3(5), 493–506. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.493-506

Sufia, R., & Novita Lestari, U. (2020). Implementasi Blended Learning Selama Masa Pandemi Covid-19 Untuk Menumbuhkan Kemandirin Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di SD YP Nasional Surabaya. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i2.24

Winanti, A. R. (2022). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 106–113. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.326

PlumX Metrics

Published

2022-07-29

How to Cite

NURHAYATI, U. (2022). Implementasi Blended Learning Metode Flipped Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 21–29. https://doi.org/10.30736/rf.v11i1.652

Issue

Section

Artikel