Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistik

Nunuy Nurkaeti, Vira Pratiwi, Fara Diba Catur Putri

Sari


Kemampuan pemahaman matematis menurut Skemp dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa PGSD masih kurang. Siswa yang berada pada kategori unggul sudah mampu menyelesaikan soal statistik yang mengkur kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Namun, dalam menyeleasikan soal yang mengkur kemampuan pemahaman relasional masih kurang efektif. Mahsiswa yang berada pada kategori papak dan asor hanya mencapai kemampaun instrumental.

Kata Kunci


pemahaman instrumental, pemahaman relasional

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

 

 

 

 

BASE Logo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.