Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Statistik

Nunuy Nurkaeti, Vira Pratiwi, Fara Diba Catur Putri

Sari


Kemampuan pemahaman matematis menurut Skemp dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman mahasiswa PGSD masih kurang. Siswa yang berada pada kategori unggul sudah mampu menyelesaikan soal statistik yang mengkur kemampuan pemahaman instrumental dan relasional. Namun, dalam menyeleasikan soal yang mengkur kemampuan pemahaman relasional masih kurang efektif. Mahsiswa yang berada pada kategori papak dan asor hanya mencapai kemampaun instrumental.

Kata Kunci


pemahaman instrumental, pemahaman relasional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, M. F. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pgsd Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linier. Jurnal Edukasi, 1 (2), 131 – 145.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

National Council of Teacher of Mathematics. (2014). Principles to Actions: Ensuring Mathematical Success for All. Diakses dari http://www.nctm.org/Conferences-and-ProfessionalDevelopment/Professional-Development-Guides-%28Reflection-Guides%29/Principles-toActions_-Ensuring-Mathematical-Success-for-All

Nurkaeti, N., Turmudi, Karso, Pratiwi, V., Aryanto, S., & Gumala, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pendekatan Open-Ended Berbasis Metakognitif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/156

Rismawati, M. & Hutagaol, A. S. R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 91 – 105.

Skemp, R.R. (1976). Relational Understanding and Instrumental Understanding. Mathematics Teaching, 77, 20 – 26.

Suryana, A. (2015). Analisis Kemampuan Membaca Bukti Matematis Pada Matakuliah Statistika Matematika. Infinity Journal, 4 (1), 84 – 95.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.