Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM)
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340Keywords:
Trend, Topik, Subjek Penelitian, JRPMAbstract
Studi literatur ini mengkaji arah dan trend penelitian pendidikan matematika sejalan dengan trend dan temuan baru dalam pendidikan matematika. Topik penelitian pendidikan matematika masa lalu didominasi oleh NCTM dengan fokus ke siswa pendidikan dasar sebagai subjek penelitian. Saat ini topik penelitian pendidikan matematika mengkaji ke arah proses berpikir tingkat tinggi siswa dengan subjek yang merata. Penelitian pendidikan matematika ke depan juga akan mengkaji kemampuan berpikir tingkat tinggi yang lebih ditekankan pada kemampuan 4C (creativity, crictical thinking, communication, collaboration). Adanya pandemi covid-19 dan juga penerapan kurikulum kampus merdeka dan merdeka belajar akan berdampak terhadap pendidikan matematika.
Downloads
References
Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120-132. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/14517/13403
Arifin, A. M., Pujiastuti, H., & Sudiana, R. (2020). Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 59–73. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/32135/14528
Arivina, A. N., & Jailani, J. (2020). Development of trigonometry learning kit with a STEM approach to improve problem solving skills and learning achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2). Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/35063/15003
Artigue, M. (2012). Challenges in basic mathematics education. Paris. Francia: UNESCO. Recuperado de Http://Unesdoc. Unesco. Org/Images/0019/001917/191776e. Pdf. Diunduh dari https://www.academia.edu/4166750/CHALLENGES_IN_BASIC_MATHEMATICS_EDUCATION_UNESCO
Association, N. E. (2012). Preparing 21st century students for a global society: An educator’s guide to the “Four Cs.†Alexandria, VA: National Education Association. Diunduh dari https://www.academia.edu/36311252/Preparing_21st_Century_Students_for_a_Global_Society_An_Educators_Guide_to_the_Four_Cs_Great_Public_Schools_for_Every_Student
Astutik, H. S. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/12722/9432
Atsnan, F., Pabowo, B., & Muzaki, A. (2018). Pengaruh pendekatan problem solving terhadap kemampuan representasi dan literasi matematis siswa The effect of problem solving approach toward students ’ mathematical representation and literacy skill. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 135–146. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/20120/11692
Conway, P. F., & Sloane, F. C. (2005). International Trends in Post-Primary Mathematics Education : Perspectives on Learning , Teaching and Assessment. Science, 5, 4–10. http://www.ncca.ie/uploadedfiles/Publications/MathsResearch.pdf. Diunduh dari https://ulir.ul.ie/bitstream/handle/10344/5002/Conway_2005_report.pdf?sequence=2
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/21396/12710
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11325/9430
Habsah, F. (2017). Developing teaching material based on realistic mathematics andoriented to the mathematical reasoning and mathematical communication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10199/9431
Hadiat, H. L., & Karyati, K. (2019). Hubungan kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu dan self-efficacy dengan kemampuan penalaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 200–210. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26552. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/26552/13410
Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/26679/13150
Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas PBL setting TTW dan TPS ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.11127. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11127/10940
Hariyanti, F., & Wutsqa, D. U. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran statistika dan peluang untuk mengembangkan statistical literacy siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 46–58. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/14997/14357
Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247–259. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/17674/10194
Johar, R., & Lubis, K. R. (2018). The analysis of students’ mathematical representation errors in solving word problem related to graph. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 96. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.17277. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/17277/11124
Kartianom, K., & Ndayizeye, O. (2017). What ‘s wrong with the Asian and African Students’ mathematics learning achievement? The multilevel PISA 2015 data analysis for Indonesia, Japan, and Algeria. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 200. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16931. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16931/10189
Kurniyawati, Y., Mahmudi, A., & Wahyuningrum, E. (2019). Efektivitas problem-based learning ditinjau dari keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 118–129. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/26985/12711
Latifah, U. H., & Widjajanti, D. B. (2017). Pengembangan bahan ajar statistika dan peluang berbasis multiple intelligences berorientasi pada prestasi, pemecahan masalah, dan rasa ingin tahu. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 176. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13083. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/13083/10187
Lutfi, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan problem solving dalam problem posing berbasis pendekatan saintifik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 27–38. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.10231. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10231/12535
Martin, W. G. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of. Diunduh dari https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.911.8561&rep=rep1&type=pdf
Miatun, A., & Nurafni, N. (2019). Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 150–164. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26094. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/26094/13406
Murtiyasa, B. (2016). Isuee. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, Knpmp I, 1–10. Diunduh dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/7051/0_Makalah%20REVISI%20_Pak%20Budi.pdf;sequence=1
Narendrati, N. (2017). Komparasi pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12723. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/12723/9444
Noer, S. H. (2018). Guided discovery model: An alternative to enhance students’ critical thinking skills and critical thinking dispositions. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16809. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16809/11120
Novita, R., Charitas, R., Prahmana, I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga The cause of difficulty in learning the three-dimensional geometry. 5(1), 18–29. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16836/10794
Nugroho, D. A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri dengan mengadaptasi model CORE untuk meningkatkan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 39–52. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.11599. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11599/12677
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/18421/12709
Nursyahidah, F., & Albab, I. U. (2017). Investigating student difficulties on integral calculus based on critical thinking aspects. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 211. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15507. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/15507/10190
Purnomo, M. E. R., Sari, C. K., Rejeki, S., & Machromah, I. U. (2018). Efikasi diri mahasiswa pada perkuliahan kalkulus integral. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 181–189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v0i0.20271. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/20271/11886
Purwasih, R., & Bernad, M. (2018). Pembelajaran diskursus multi representasi terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis mahasiswa Learning multi discourse representation to enhance students communication and their mathematical disposition. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 43–52. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/13589/11122
Safitri, W. Y., Retnawati, H., & Rofiki, I. (2020). Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. 7(2), 195–209. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/34581/15016
Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui teori pembelajaran sibernetik berbantuan software derive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 229. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16068. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16068/10192
Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/13470/10184
Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10649/9450
Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/16685/10193
Satrianawati, S. (2017). Pengembangan materi bangun ruang sisi datar sebagai bagian dari persiapan calon guru sekolah dasar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 108. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11469. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/11469/9451
Satriawan, R. (2017). Keefektifan Model Search , Solve , Create , and Share Ditinjau dari Prestasi , Penalaran Matematis , dan Motivasi Belajar The Effectiveness of the Model of Search , Solve , Create , and Share Terms of Achievement , Mathematical Reasoning , and Motivation. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 87–99. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/7863/9449
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/34290/14995
Setiawan, Y. B., Hapizah, H., & Hiltrimartin, C. (2018). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Olimpiade SMP konten aljabar Students ’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 3. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/18191/11907
Stephan, M. L., Fish, M. C., Chval, K. B., Herbel-Eisenmann, B., Wanko, J. J., Konoid, C., Civil, M., & Wilkerson, T. L. (2015). Grand challenges and opportunities in mathematics education research. Journal for Research in Mathematics Education, 46(2), 134–146. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.46.2.0134. Diunduh dari https://www.nctm.org/Publications/journal-for-research-in-mathematics-education/2015/Vol46/Issue2/Grand-Challenges-and-Opportunities-in-Mathematics-Education-Research/
Susanti, U., & Wutsqa, D. U. (2020). Keefektifan pendekatan contextual teaching learning dan problem solving ditinjau dari prestasi dan kepercayaan diri siswa. 7(1), 97–107. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/8537/14605
UNESCO. (2014). UNESCO education strategy 2014–2021. Author Paris. Diunduh dari http://www.natcom.gov.jo/sites/default/files/231288e.pdf
UNESCO. (2015). Education 2030 Incheon Declaration and Framework for Action. World Education Forum 2015. Diunduh dari http://uis.unesco.org/sites/default/files/documents/education-2030-incheon-framework-for-action-implementation-of-sdg4-2016-en_2.pdf
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/14897/10186
Wahyuningrum, A. S., & Latifah, T. (2020). Investigating mathematical conversation in remote learning of mathematics during the covid-19 pandemic. 7(2), 148–162. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/34841/14993
Wasida, M. R., & Hartono, H. (2018). Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 82. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.10060. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10060/10941
Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/10066/9427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.