Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA

Elly Anjarsari

Sari


Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.

Kata Kunci


Kurikulum 2013, pembelajaran matematika, pendekatan saintifik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientifik Pd Mata Pelajaran Matemtika Kels VII di SMPN 1 Margahayu.

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogykaarta: Gava Media.

Hosnan, M. 2014. Pendektan Saintifik Dan Konstektul Dlm Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurinasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sani, Ridwan Abdullah, 2014. Pembeljaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitataif. Bandung: Alfbeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabetaa.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.