Faktor Permasalahan Pendekatan Saintifik 5M dalam Pembelajaran Matematika di SMA
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88Keywords:
Kurikulum 2013, pembelajaran matematika, pendekatan saintifikAbstract
Dalam proses belajar mengajar di sekolah, ada saja kendala yang dialami setiap guru selama proses KBM berlangsung. Tujuan tulisan ini adalah meneliti dan menganalisis bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika, serta menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pendekatan saintifik. Sumber subjek penelitian ini adalah para siswa dan guru sekolah SMA Sugihwaras. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) masih belum sepenuhya menerapkan pendekataan saintifik dalam pembelajaran matematika (2) belum berubah sepenuhnya paradigma guru mengenai kurikulum baru dengan kurikulum sebelumnya.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, 2014. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Scientifik Pd Mata Pelajaran Matemtika Kels VII di SMPN 1 Margahayu.
Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogykaarta: Gava Media.
Hosnan, M. 2014. Pendektan Saintifik Dan Konstektul Dlm Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kurinasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sani, Ridwan Abdullah, 2014. Pembeljaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2014. Memahami Penelitian Kualitataif. Bandung: Alfbeta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabetaa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.