Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Materi Statistika dan Peluang Kelas VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.497Keywords:
Articulate Storyline, Media PembelajaranAbstract
Melalui tahapan pengembangan model ADDIE peneliti merancang suatu media pembelajaran menggunakan software Articulate Storyline pada materi Statistika dan Peluang. Kelayakan media dilihat oleh dua aspek yaitu aspek kevalidan dan kepraktisan. Hasil analisis menunjukkan validasi ahli media dan ahli materi memperoleh rata-rata persentase berturut-turut 86,25% dan 92,27% yang dikategorikan “sangat validâ€. Selanjutnya dari hasil uji coba diperoleh respon positif dari guru dan siswa dengan rata-rata persentase sebesar 79,35% dan 93,20% yang dikategorikan “praktis dan sangat praktisâ€. Rata-rata persentase untuk kedua aspek ini sebesar 87,77% yakni kategori sangat efektif, sehingga media pembelajaran matematika ini layak untuk diimplementasikan di kelas.Downloads
References
Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.7
Chotimah, S. C., Manoy, J. T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Visual Basic For Application (VBA) Untuk Mendukung Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10 (2), 376-377
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th Ed.). New York: Harper Collins
Ferdiansyah, H., Haling, A. H, Nurhikmah. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 3 (2), 151
Harahap, A. W., & Hamidah. D. (2019). Optimalisasi Peran Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 8(1).
Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.
Kaewkiriya, T. (2013). A design and development of e-learning content for multimedia technology using multimedia game. International Journal of Software Engineering & Applications, 4(6), 61.
Khamparia, A., & Pandey, B. (2018). Impact of interactive multimedia in E-learning technologies: Role of multimedia in E-learning. In Digital Multimedia: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 1087-1110). IGI Global.
Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa 6(2), 197-208. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603
Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jateng: Penerbit Lakeisha.
Novianita, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate thesis. Universitas Negeri Medan.
Nugraheni, T. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas X Di SMK Negeri 1 Kebumen. Universitas Negeri Semarang.
Nurdiansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Jawa Timur: UMSIDA Press.
Oktavihari, D., & Priatna, N. (2021). Development of Game Case Media to Increase Students' Interest in Learning Mathematics. MEJ (Mathematics Education Journal), 5(2), 177-184. https://doi.org/10.22219/mej.v5i2.16446
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pratama, A. R. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35.
Putri, Ade. (2017). Mengukur Efektifitas Proses Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics 2, 1 (2017): 29-35
Skulmowski, A., & Rey, G. D. (2020). Subjective cognitive load surveys lead to divergent results for interactive learning media. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(2), 149-157.https://doi.org/10.1002/hbe2.184
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Edutech Undiksha, 11(1), 12-16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Uno, B. Hamzah. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing.
Wasti, Sriana, Rahmiati, & Izweni. (2013). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Journal of Home Economics and Tourism, 2(1), 1–14.
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.