Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa ditinjau dari Adversity Quotient
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.420Keywords:
Berpikir Aljabar, Adversity QuotientAbstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar berdasarkan AQ yang dimiliki siswa. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan tipe maximal variation purosive. Terjadi perbedaan kemampuan berpikir aljabar antara siswa quitter, campers, dan climbers. Indikator5kemampuan berpikir%aljabar yang dapat dipenuhi siswa quitters yaitu menuliskan hal-hal5yang diketahui5dari5soal, menentukan%variabel, serta membuat%model matematikai dari variabel sesuai dengan soal. Siswa campers dapat memenuhi beberapa indikator kemampuan berpikir aljabar, diantaranya mampu menentukan variabel, menyusun model matematika dari variabel, menggunakan%model matematikai untuk%menyelesaikan isoal serta menerapkan%nilai%variabel untuki imenentukan solusi dari permasalahan. Siswa climbers dapat memenuhi semua indikator kemampuan berpikir aljabar.Downloads
References
Andriani, P. (2015). PENALARAN ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Beta, 8(1), 1–13.
Creswell, J. W. (2010). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faranita, S., Kadir, & Sudia, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Impulsif – Reflektif Ditinjau dari Gender, 3(1), 49–60.
Farisdianto, D. D. (2019). Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa Kelas Xi Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.87
Ghofar, H. K. (2014). Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Regulasi Diri Siswa di Madrasah Aliyah Darussalam Agung Buring Malang. UIN Malik Ibrahim Malang.
Herbert, Kristen, & Brown, R. H. (2000). Patterns as Tools for Algebraic Reasoning. Algebraic Thinking, Grades K-12 Reasings from NCTM’s School-Based Journals and Other Publication, 3(6), 123–128.
Hidayat, W., Wahyudin, & Prabawanto, S. (2018). The mathematical argumentation ability and adversity quotient (AQ) of pre-service mathematics teacher. Journal on Mathematics Education, 9(2), 239–248. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5385.239-248
Istikomah, I., Astuti, E. P., & Kurniawan, H. (2020). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Climber dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 6(2), 96. https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.8117
Kusumaningsih, W., Darhim, Herman, T., & Turmudi. (2018). Improvement Alebraic Thinking Ability Using Multiple Representation Strategy on Realistic Mthematics Eduation. Journal on Mathematics Education, 9(2), 281–290.
Maharani, P., Trapsilasiwi, D., Yudianto, E., Sunardi, & Sugiarti, T. (2018). Profil berpikir aljabar siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif (reflektif dan impulsif). Saintifika, 20(1), 1–10.
Napfiah, S. (2016). Berpikir Aljabar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Taksonomi Solo Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 171. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp171-182
Permatasari, D., & Harta, I. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Pendidikan Dasar Kelas V Dan Kelas Vii: Cross-Sectional Study. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 99–115. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.726
Pratiwi, V., Nurkaeti, N., & Putri, F. D. C. (2020). Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal Dalam Berpikir Aljabar ( Motion Comic Development Based on Local Wisdom. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 23–32.
Sa’adah, L. (2018). Proses Berpikir Aljabar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berpikir Tingkat Tinggi. Universitas Jember.
Sanit, I. N., Subanji, & Sulandra, I. M. (2019). Profil Penalaran Aljabaris Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1213–1221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12711
Sari, N. P. N., Fuad, Y., & Ekawati, R. (2020). Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22525
Suryaningrum, C. W., Purwanto, Subanji, Susanto, H., Ningtyas, Y. D. W. K., & Irfan, M. (2020). Semiotic reasoning emerges in constructing properties of a rectangle: A study of adversity quotient. Journal on Mathematics Education, 11(1), 95–110. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9766.95-110
Yunarni, A. Y., Dassa, A., & Asdar. (2015). PROFIL PEMAHAMAN NOTASI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN VERBAL SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. JURNAL DAYA MATEMATIS, 3(1), 1–9.
Zaelani, K. M., Warmi, A., & Ruli, R. M. (2019). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berbasis TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 998–1007. Retrieved from http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.