Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar

Vira Pratiwi, Nunuy Nurketi, Faradiba Catur Putri

Sari


Berpikir Aljabar merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. Kemampuan berpikir aljabar adalah keahlian dalam memecahkan permasalahan yang belum diketahui penyelesaian nya melalui pemisalan yang tepat dan cara yang ditemukan sendiri. Temuan penelitian terdahulu terdapat hambatan dalam berpikir aljabar, yakni epistemology obstacle, didactical obstacle, conceptual obstacle. Selain itu, minimnya kajian mengenai media pembelajaran yang digunakan untuk membiasakan siswa berpikir aljabar sejak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran motion comic berbasis literasi digital. Metode yang diguanakan adalah Research and Develovment (R&D) yang melibatkan 10 siswa sekolah dasar kelas IV. Media pembelajaran motion comic berbasis local wisdom memiliki muatan materi matematika yang kontennya disesuaikan dengan kearifan lokal.

Kata Kunci


Berpikir Aljabar, Local Wisdom, Motion Comic, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bolton-Gary, C. (2012). Connecting Through Comics: Expanding Opportunities for Teaching and Learning. US-China Education Review B4: 389-395

Booker, G., & Windsor, W. (2010). Developing algebrain c thinking: Using problem-solving to build from number and geometry in the primary school to the ideas that underpin algebra in high school and beyond. Journal Procedia -Social and Behavioral Sciences, 8(5), 411–419.

Booker, M. Keith. (2014). Comics through Time: A History of Icons, Idols, and Ideas. Vol.1. America. Abcclio Lcc Holt, Claire, 2.

Borg, W.R., & Gall, M.G. (1989). Educational Research: An Introduction (5th ed.). New York: Longman.

Herutomo, R. A. & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis Kesalahan dan Miskonsepsi Siswa Kelas VII Pada Materi Aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 1 No. 2, hal. 134-145.

Hernandez, I., Levy, R. & Brown, S. (2010). Algebraic Reasoning in Elementary School Students. USA: Harvey Mudd

Hidayati, F. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi Universitas negeri Yogyakarta. Dipublikasikan.

Internal Correspondence Versi 2. (2013). Digital Comic Nearly Tripled. Online: http://www.icv2.com/ articles/ news/27272.html (diakses pada 1 Mei 2014)

Kilpatrick, J., Swafford, J. & Fidell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: national Academy Press.

Koba, Susan dan Anne Tweed. (2009). Hard-toteach Biology Concepts: a Framework to Deepen Student Understanding. Arlington: National Science Teachers Association.

Marsetyorini, A. D. & Murwaningtyas, C. E. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dan Pembelajaran Remedial dalam Materi Operasi Pada Pecahan Bentuk Aljabar Di Kelas VIII SMPN 2 Jetis Bantul. Prosiding Makalah dipresentasikan dalam Seminar nasional Matematika dan Pendidikan Matematika “Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa”. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UNY

McCloud, Scott. (2006). Making Comics. New York: Harper Collins Publishers.

Osa, Amanokawa. (2007). Guide to Draw Manga. Vol. 4. Yogyakarta : ANDI

Permatasari, B. A. D., dkk. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, Vol. 6, No. 2, hal 119-130.

Powell, S.R. & Fuchs, L. S. (2014). Does Early Algebraic Reasoning Differ as a Function of Students’ Difficulty with Calculations Versus Word Problems. Learn Disabil Res Pract, 29 (3), 106-116

Pratiwi, V., Herman, T., dan Suryadi, D. (2017). Upper Elementary Grades Students’ Algebraic Thinking Ability In Indonesia. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education. 3 (9) 705-715

Pratiwi, V., Herman, T., dan Suryadi, D. (2019). Algebraic thinking obstacles of elementary school students: A Hermeneutics-phenomenology study. IOP Publishing Journal of Physics: Conference Series. 1157 (3) 032115

Rohani, A. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusdiana, A., & Mulawarman, U. (2016). Berpikir secara Aljabar pada Anak Pra Sekolah, (April), 0–8.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H G. (2011). Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa.

Warren, E., dkk. (2009). Equivalence and Equations in Early Years Classroom. APMC 14 (1).




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.