Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar

Authors

  • Fitrianingrum Fitrianingrum Universitas Islam Sultan Agung
  • Mochammad Abdul Basir Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual Jarnawi Afgani Dahlan & Dadang Juandi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 16, 128–138.

Fariz, I. N., Gusrayani, D., & Isrok’atun. (2006). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. UPI Kampus Sumedang, (211), 751–760.

Fitriyah, I. (2014). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Penyelesaian Soal Materi Segiempat Kelas VII SMP N 1 Gubug Kabuoaten Grobogan.

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan, 3, 603–607.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib, 22(1).

Kholiqowati, H., Sugiarto, & Hidayah, I. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3).

Kusmaryono, I. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. 19–28.

Nelli, Yusmin, E., & Sayu, S. (n.d.). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat Di Kelas VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI. FKIP UNTAN Pontianak, 1–18.

Rahmawati, D., Hudiono, B., & Nursangaji, A. (n.d.). Representasi visual matematika siswa dalam menyelesaikan masalah verbal spldv kelas ix smp. FKIP UNTAN Pontianak, 1–10.

Sulatri, Marwan, & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. 10(1), 51–69.

Tyas, W. H., & Sujadi, I. (2016). Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Dan Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP NEGERI 15 SURAKARTA Tahun Ajaran 2014 / 2015. 4(8), 781–792.

Ulandari, A. R. P., Hudiono, B., & Bistari. (n.d.). Kemampuan representasi matematis menyelesaikan soal open-ended menurut tingkat kemampuan dasar materi segiempat di smp. (1), 1–10.

Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving : a case study with optimization problems 1. 7(17), 279–308.

Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi ’ iyah Gondang. 4(2), 115–124.

PlumX Metrics

Published

2020-02-28

How to Cite

Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177