Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan representasi visual siswa tergolong dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 85,08%. (2) Untuk presentase perolehan representasi simbolik sebesar 91,22% hal ini secara umum menunjukkan bahwa siswa sudah terampil membuat model matematika, memecahkan masalah dengan menggunakan ekspresi matematika. (3) Sedangkan untuk presentase representasi verbal sebesar 67,54% menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kedalam bentuk kata-kata tergolong tinggi. Sebagian besar siswa pada saat mengerjakkan soal sudah dapat menginterpretasikan secara sistematis.
Downloads
References
Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual Jarnawi Afgani Dahlan & Dadang Juandi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pengajaran MIPA, 16, 128–138.
Fariz, I. N., Gusrayani, D., & Isrok’atun. (2006). Pengaruh Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. UPI Kampus Sumedang, (211), 751–760.
Fitriyah, I. (2014). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Penyelesaian Soal Materi Segiempat Kelas VII SMP N 1 Gubug Kabuoaten Grobogan.
Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan, 3, 603–607.
Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib, 22(1).
Kholiqowati, H., Sugiarto, & Hidayah, I. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3).
Kusmaryono, I. (2016). Peranan representasi dan disposisi matematis siswa terhadap peningkatan mathematical power. 19–28.
Nelli, Yusmin, E., & Sayu, S. (n.d.). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat Di Kelas VIII SMP KEMALA BHAYANGKARI. FKIP UNTAN Pontianak, 1–18.
Rahmawati, D., Hudiono, B., & Nursangaji, A. (n.d.). Representasi visual matematika siswa dalam menyelesaikan masalah verbal spldv kelas ix smp. FKIP UNTAN Pontianak, 1–10.
Sulatri, Marwan, & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. 10(1), 51–69.
Tyas, W. H., & Sujadi, I. (2016). Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial Dan Perbandingan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII SMP NEGERI 15 SURAKARTA Tahun Ajaran 2014 / 2015. 4(8), 781–792.
Ulandari, A. R. P., Hudiono, B., & Bistari. (n.d.). Kemampuan representasi matematis menyelesaikan soal open-ended menurut tingkat kemampuan dasar materi segiempat di smp. (1), 1–10.
Villegas, J. L., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving : a case study with optimization problems 1. 7(17), 279–308.
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi ’ iyah Gondang. 4(2), 115–124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.