Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer

Authors

  • Sri Neviyanti Sarman Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Joko Soebagyo Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Pemecahan Masalah, Bibliometrik, Publish or Perish, VOS Viewer

Abstract

Tujuan analisis bibliometrik ini adalah melihat peluang dan perkembangan tren penelitian terkait critical thinking mathematics ability berdasarkan pemecahan masalah berbasis VOS Viewer. Metode yang digunakan bibliometrik dengan pengumpulan data artikel dari tahun 2015-2021 melalui situs Google Scholar dengan software Publish or Perish 1.000 jurnal. Hasil penelitian menunjukkan publikasi terbanyak pada tahun 2015 sebanyak 265. Variabel terkait critical thinking mathematics ability yang memiliki peluang dan kebaruan untuk diteliti di masa mendatang adalah variabel flipped classroom, high order thinking skill dan math anxiety.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajinegara, M. W., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 193. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451

Aribowo, E. K. (2019). Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah NAMES: Journal Of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia. Aksara, 31(1), 85–106. https://doi.org/10.29255/aksara.v31i1.373.85-105

Arilaksmi, N. P. G., Susiswo1, & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Dewi, D. P., Mediyani, D., Hidayat, W., Rohaeti, E. E., & Wijaya, T. T. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 371–378.

Eryanti, I., & Soebagyo, J. (2019). Bibliometric Analysis of Blended learning Mathematics in Scientific Publications Indexed by Scopus. Numerical: Jurnal Matematika DanPendidikan Matematika, 1(1), 1–11.

Hakim, L. (2020). Analisis Bibliometrik Penelitian Inkubator Bisnis Pada Publikasi Ilmiah Terindeks Scopus. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2), 176–189.

IEA. (2016). TIMSS 2015 International Result in Mathematics.

Karim, A., & Soebagyo, J. (2021). Pemetaan Bibliometrik Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scolar Menggunakan Vosviewer. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 234–241. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.5835

Leonisa, I., & Soebagyo, J. (2022). Strategi Siswa dan Langkah Polya dalam Penyelesaian Masalah Matematis Berbasis HOTS. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 77–86.

Maharani, R., Rasiman, R., & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 67. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3883

Mahmuzah, R., Ikhsan, M., & Yusrizal. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Disposisi Matematis Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Posing. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 43–53. https://doi.org/10.24815/dm.v1i2.2076

Marwan, & Ikhsan, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 9–18.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.

Novitasari, N., Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Efektivitas LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Vygotsky, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.521

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus.

Özsoy, G. (2015). Evaluation of Students ’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132.

Pattah, S. H. (2013). Pemanfaatan Kajian Bibliometrika Sebagai Metode Evaluasi dan Kajian dalam Ilmu Perpustakaan dan Informasi. KHIZANAH AL-HIKMAH, 1(1), 47–57.

PeranginAngin, R. B., Panjaitan, S., Hutauruk, A., Manik, E., & Tambunan, H. (2021). Arah dan Trend Penelitian Pendidikan Matematika di Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM). Vygotsky, 3(1), 49. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.340

Priatna, N., Lorenzia, S. A., & Widodo, S. A. (2020). STEM education at junior high school mathematics course for improving the mathematical critical thinking skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(3), 1173-1184, Sept 2020 e-ISSN:, 8(3), 1173–1184.

Rahayu, N. S., Liddini, U. H., & Maarif, S. (2022). Berpikir Kreatif Matematis : Sebuah Pemetaan Literatur dengan Analisis Bibliometri Menggunakan Vos Viewer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 179–190.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim, 2(April), 1–7.

Sari, I. P., Candraningtyas, S. R., Dewi, H. R., Ilham, A. M., Akbar, R. M., Rawi, S. W., & Muntazhimah. (2022). Geogebra dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis: Penelitian Bibliometrik. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 8(1), 109–120. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24853/fbc.8.1.109-120 109

Soebagyo, J., Habibie, H., & Gunawan, I. (2021). Polya’s Four Phases Exploration in Solving Linear Program Story Questions Based on Student Beliefs. Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020), 547(Icnsse 2020), 260–267. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210430.040

Soebagyo, J., Umam, K., & Suhendri, H. (2022). An Analysis of Students ’ Mathematical Problem-Solving Ability at Class VII Social Arithmetic Materials Based on Learning Styles. 12(148), 63–74.

Sugestiana, & Soebagyo, J. (2022). Bibliometrik Research Trends on the Utilization of Learning Management System in Mathematics Learning on Google Scholar Using Vosviewer. Edutec Journal of Education and Technology, 5(4), 936–947.

Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.413

Winardi, M. B. S., Rohman, M. C., Rasyid, M. Y. R., Putra, A. A., & Dharma, F. A. (2022). Bibliometric Analysis The Effect of Health Protocol Social Marketing Communications on New Adaptations Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 51–55. https://doi.org/10.21070/kanal.v10i1.1670

Winoto, R. dan Y. (2019). Analisis Bibliometrika Tingkat Kolaborasi , Produktivitas Penulis , Serta Profil Artikel Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan Tahun 2014-2018. PUSTABIBLIA: Journal of Library and Information Science, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i1.1-15

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 59–68. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

PlumX Metrics

Published

2022-08-20

How to Cite

Sarman, S. N., & Soebagyo, J. (2022). Analisis Bibliometrik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Berdasarkan Pemecahan Masalah Berbasis VOS Viewer. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.30736/voj.v4i2.590