Proses Transformasi Pengetahuan Matematika Siswa dalam Pemecahan Masalah

Muhammad Ilman Nafi'an

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses transformasi pengetahuan matematika siswa dalam pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkansubjek penelitian ini adalah siswa SMPIQuAl Bahjah Tulungagung, yang berjumlah 5 siswa dengan kriteria mampu berkomunikasi secara tulis maupun lisan, dan memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika, kemudian Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu yaitu: tugas matematika dan pedoman wawancara. Data di analisis dan di reduksi kemudian di sajikan untuk ditarik kesimpulan.. Data dianalisis berdasarkan tahap proses transformasi pengetahuan yang meliputi sosialisasi, representasi, koneksi, justifikasi dan internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses transformasi pengetahuan pada tahap sosialisasi meliputi mengungkapkan ide baik berupa pertanyaan, pernyataan, maupun menanggapi pendapat dari pada teman lain, tahap representasi meliputi menuliskan solusi masalah melalui kalimat secara tertulis, menggunakan rumus, gambar, atau tabel yang terkait dengan penyelesaian soal matematika dan menggunakan simbol matematika dalam penyelesaian soal, tahap koneksi meliputi siswa dapat menemukan hubungan antar konsep matematika yang terkait dengan soal, serta menemukan hubungan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, tahap justifikasi meliputi menyatakan jawaban benar disertai dengan alasan dengan menggunakan bahasa sendiri, dan memberikan alasan berdasarkan aturan atau definisi, tahap internalisasi meliputi menerapkan konsep pada situasi lain, dan menerapkan prosedur penyelesaian pada situasi lain.

Kata Kunci


Transformasi Pengethuan, Pemecahan Masalah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah D.S. (2011) Interaksi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Kooperatif. Jurnal Pedagogia. H. 2-16

Byosiere, P., & Luethge, D. J. (2008). Knowledge domains and knowledge conversion: an empirical investigation. Journal of Knowledge Management, 12(2), 67–78. https://doi.org/10.1108/13673270810859523.

Bruce, C. D. (2007). What Works ? Research into Practice Student Interaction in the Math Classroom : Stealing Ideas or Building Understanding. Reseachgate, 1-5

Caldas, P. T., & Cândido, G. A. (2013). Inter-organizational knowledge conversion and innovative capacity in cooperative networks. Journal of Technology Management and Innovation, 8(SPL.ISS.2), 104–114. https://doi.org/10.4067/s0718-27242013000300009.

Cohen, L., Lawrence, M., Keith, M., Manion, L., & Morrison, K. (2004). A guide to teaching practice. 5–12.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Eppler, M. J. (2006). The Concept of Knowledge Communication and Its Relevance to Management. USI Research Note, (July), 1–12.

Farahian, Majid. (2016) Poor EFL Learners’ Metacognitive Reading Strategies: A Case Study, International Journal of Applied Linguistics & English Literature, 1-9

Garrett, T. (2008). Student-Centered and Teacher-Centered Classroom Management : A Case Study of Three Elementary Teachers, 43(2004), 34–47.

Martin, D. P., & Rimm-Kaufman, S. E. (2015). Do student self-efficacy and teacher-student interaction quality contribute to emotional and social engagement in fifth grade math? Journal of School Psychology. 8–15. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2015.07.001.

Liao, S. (2012). The Application of Piaget and Bruner ’ s Cognitive-Developmental Theory in Children â€TM s Dance Teaching. The International Journal of Arts Education, 164–197.

Nonaka, I., & Konno, N. (1998). The concept of “Ba”: Building a foundation for knowledge creation. California Management Review. https://doi.org/10.1016/j.otsr.2010.03.008.

Nonaka, I., & Lewin, A. Y. (2011). Dynamic Theory Knowledge of Organizational Creation, 5(1), 14–37.

Palmer, D. K., & Ballinger, S. (2014). Classroom interaction in one- John Benjamins Publishing Company, (November 2016). https://doi.org/10.1075/jicb.2.2.05pal.

Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Orion Press

Radford, L., & Radford, L. (2016). Book Review : Classroom Interaction : Why is it Good , Really ? Baruch Schwarz , Tommy Dreyfus and Rina Hershkowitz ( Eds .) ( 2009 ..., (November). https://doi.org/10.1007/s10649-010-9271-4.




DOI: https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.389

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

Terindeks:
 
 


Lisensi Creative Commons

Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN : 2656-2286 , E-ISSN: 2656-5846, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.