Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.437Keywords:
Gaya Belajar, Kemampuan Literasi, Literasi MatematisAbstract
Tujuan penelitian untuk menjelaskan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual. Intrumen diadaptasi dari soal PISA sebanyak 6 essay test. Jenis penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Jumlah populasi sebesar 25siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pengkategorian siswa dengan gaya belajar visual sejumlah 12siswa. Teknik analisis menggunakan teori Milles and Hubberman. Dari hasil penelitian diperoleh informasi literasi matematisyang berdasarkan pengkategorian gaya belajar secara visual di level 1-5 dengan rata-rata sebesar 75. Dimana persentase terbesar siswa berada pada level 2 yaitu 83.3%. Adapun permasalahannyasiswakesulitan untuk dalam mengkonversikan satuan, menentukan rumus yang tepat, memproses perhitungan dengan baik dan benar serta dalam pengolahan informasi.Downloads
References
Aulia, D., Yarmayani, A., & Fitriani, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika di Kelas XI SMA N 08 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2015/2016. 1(1), 55–64. https://doi.org/10.33087/phi
Farisdianto, D.D. (2019). Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa KElas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linier. Vygotsky: Jurnal Pendidikan matematika dan Matematika, 1(1), 1- 11
Ghufron, N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar (J. Joko (ed.); 2nd ed.). Pustaka Pelajar.
Hamidah, A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Cendikia, 10(2), 48. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055
Hasanah, O. U. (2015). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Diposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Model Eliciting Activities. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Jannah, L. M., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA IT Miskat Al-Anwar Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 74–81.
Khotimah, K., & Nasrulloh, M. F. (2018). Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Global dan Kemampuan Matematika. Prosiding Silogisme Universitas PGRI Madiun, 8–14.
OECD, O. (2016). PISA 2015 Result : Excellence And Equity in Education. I, 33–47. https://doi.org/10.1787/9789264266490-5-en
Simalango, M. M., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.
Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif (F. Hutari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D (23rd ed). A. Bandung.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 876–884.
Susilawati, S., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. 04(02), 512–525.
Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 240.
Wildani, J., Triyana, I.W., & Mahmudah, W. (2019). Literasi statistis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 99-110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.