Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual

Authors

  • Nailul Himmi Universitas Riau Kepulauan
  • Pitri Supiati Universitas Riau Kepulauan
  • Asmaul Husna Universitas Riau Kepulauan

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.437

Keywords:

Gaya Belajar, Kemampuan Literasi, Literasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual. Intrumen diadaptasi dari soal PISA sebanyak 6 essay test. Jenis penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif. Jumlah populasi sebesar 25siswa dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling berdasarkan pengkategorian siswa dengan gaya belajar visual sejumlah 12siswa. Teknik analisis menggunakan teori Milles and Hubberman. Dari hasil penelitian diperoleh informasi literasi matematisyang berdasarkan pengkategorian gaya belajar secara visual di level 1-5 dengan rata-rata sebesar 75. Dimana persentase terbesar siswa berada pada level 2 yaitu 83.3%. Adapun permasalahannyasiswakesulitan untuk dalam mengkonversikan satuan, menentukan rumus yang tepat, memproses perhitungan dengan baik dan benar serta dalam pengolahan informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, D., Yarmayani, A., & Fitriani, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Statistika di Kelas XI SMA N 08 Tanjung Jabung Timur Tahun Ajaran 2015/2016. 1(1), 55–64. https://doi.org/10.33087/phi

Farisdianto, D.D. (2019). Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa KElas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linier. Vygotsky: Jurnal Pendidikan matematika dan Matematika, 1(1), 1- 11

Ghufron, N., & Risnawita, R. (2014). Gaya Belajar (J. Joko (ed.); 2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Hamidah, A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Cendikia, 10(2), 48. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055

Hasanah, O. U. (2015). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Diposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Model Eliciting Activities. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Jannah, L. M., Sulistiani, I. R., & Sulistiono, M. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA IT Miskat Al-Anwar Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 74–81.

Khotimah, K., & Nasrulloh, M. F. (2018). Kemampuan Literasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Global dan Kemampuan Matematika. Prosiding Silogisme Universitas PGRI Madiun, 8–14.

OECD, O. (2016). PISA 2015 Result : Excellence And Equity in Education. I, 33–47. https://doi.org/10.1787/9789264266490-5-en

Simalango, M. M., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5, dan 6 di SMPN 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58.

Siregar, S. (2015). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif (F. Hutari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D (23rd ed). A. Bandung.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 876–884.

Susilawati, S., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. 04(02), 512–525.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 240.

Wildani, J., Triyana, I.W., & Mahmudah, W. (2019). Literasi statistis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 99-110.

PlumX Metrics

Published

2022-02-07

How to Cite

Himmi, N., Supiati, P., & Husna, A. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berdasarkan Gaya Belajar Visual. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.437