Analisis Kandungan Logam Berat Plumbum (pb) pada Ikan Nila (Oreochormis niloticus Linn) di Danau Tunggu Pampang Makassar

Authors

  • Surahman - Nur STKIP Pembangunan Indonesia MAKASSAR Jln. Inspeksi kanal samping citraland
  • Ahmad Hasyim STKIP Pembangunan Indonesia MAKASSAR Jln. Inspeksi kanal samping citraland

DOI:

https://doi.org/10.30736/seaj.v2i1.180

Keywords:

Kadar logam berat, ikan nila dan Timah hitam

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk yang semakin pesat dan disertai dengan penyebaran permukiman akan mempengaruhi jumlah limbah cair yang dibuang, yang akan berdampak pada pencemaran di lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar logam plumbum (Pb) yang terkandung dari hasil tangkapan ikan nila (Oreochormis niloticus Linn) di Waduk Tunggu Pampang Makassar. Metode penelitian dibagi menjadi dua tahap, yaitu pengambilan sampel dan menganalisis kandungan timbal (Pb) sampel tersebut. Pengambilan sampel terdiri dari ikan kecil, ikan sedang dan ikan besar. Kandungan logam berat plumbum (Pb) dalam sampel kemudian diuji di Kantor Pusat Laboratorium Dinas Kesehatan Kota Makassar. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar logam plumbum (Pb) pada nila (Oreochormis niloticus linn) hasil tangkapan nelayan di waduk pampang menunggu Makassar mengandung logam berat positif tetapi masih dalam ambang batas sesuai dengan ketentuan 1,5 mg / kg berdasarkan kepala badan pengawas Obat dan Minuman Repobblik Indonesia 2009 no. HK.00.06.1.52.4011. Kandungan hasil tangkapan logam berat Pb nila (Oreochormis niloticus linn) nelayan di waduk Pampang Makassar berturut-turut berukuran kecil, sedang dan besar 0,03 mg / l, 0,02 mg / l, dan 0,02 mg / l. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan kisaran kandungan logam berat timbal (Pb) yang ditemukan di nila (Oreochormis niloticus Linn) hasil tangkapan nelayan di waduk Tunggu Pampang Makassar masih layak untuk dikonsumsi. Kesimpulan: kandungan logam timah hitam (Pb) yang mengandung nila (Oreochormis niloticus Linn) yang ditangkap oleh nelayan di Waduk Tunggu Pampang Makassar masih dalam batas normal sehingga ikan tersebut masih layak untuk dikonsumsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Surahman - Nur, STKIP Pembangunan Indonesia MAKASSAR Jln. Inspeksi kanal samping citraland

Biologi

References

Akram. 2005. Analisis Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) Pada Ikan Mujair (Tillapia mossambica) Hasi Tangkapan Di Muara Sungai Tallo Makassar. Skripsi. FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Ali, Nur A. 2017. Analisis Kandungan Logam Berat Timbal (Pb) Pada Kerang di Perairan Pangkep Sulawesi Selatan. Skripsi. Fakultas Sains dan Tekhnologi UIN Alauddin Makassar.

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. (2017). Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan Republik Indonesia No. HK.00.06.1.52.4011, Tentang Penetapan Batas Maksimum Cemaran Mikroba dan Kimia dalam Makanan. Jakarta: Badan Pengawas Obat Dan Makanan.

Darmono. 2008. Lingkungan Hidup dan Pencemaran. Jakarta : UI-Press.

Komari, N., Umi, Baroroh L.U., & Febrina. 2013. Timbal (Pb) dan kadmium (Cd) pada Udang Windu (Panaeus monodon) dan Rajungan (Portunus pelagicus) di Perairan Kota Baru Kalimantan Selatan. Lampung, Indonesia. Prosiding Semirata FMIPAUniversitas Lampung.

Mohiuddin, K.M., Ogawa, Y., Zakir, H. M., Otomo, K. & Shikazono,N. (2011). Heavy Metals Contamination in Water And Sediments of an Urban River in a Developing Country. International JournalEnviroment Science and Technology. Vol. (8)(4): 723-736.

Murtiani, L. (2003). Analisis Kadar Timbal (Pb) Pada Ekstrak Kerang Darah (Anadara granosa L) di Muara Sungai Tambak Oso Sedati-Siadoarjo, Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Nirmala,K., Yuni, H.P., & Fika. (2012). Toksisitas Merkuri (Hg) dan Tingkat Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan, Gambaran Darah dan Kerusakan Organ Pada Ikan Nila (Oreochormis niloticus). Jurnal Aquakultur Indonesia. Vol. (11) (1): 38-48.

Palar, Heryando. (2012). Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. Jakarta: Rineka Cipta

Putra, Chandra., Yusni, Ikhwan S., & Sofia, A. (2013). Kandungan Logam Berat Kadmium (Cd) Dan Timbal (Pb) Pada Sedimen, Air Dan Ikan Tembakul (Periophthalmus sp) Di Perairan Dumai. Riau: Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Universitas Riau.

Samsundari, S. & Pertiwi, I.Y. (2013). Kajian Dampak Pencemaran Logam Berat di Daerah SekitarLuapan Lumpur Sidoarjo Terhadap Kualitas Air dan Budidaya Perikanan. Gamma. Vol. 6: 129-136.

Sastrawijaya, T. (2009). Pencemaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Selmi, Wiharto, Patang. (2019). Analisis Air, Substrat Tanah dan Cemaran Logam Berat Timbal (Pb) dan Cadmium (Cd) Pada Ikan Nila (Oreochormis niloticus) Pada Waduk Tunggu Pampang, Kelurahan Bitoa, Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol. (5)(2): 36-46.

Setiawan, H. & Subiandono, E. (2015). Konsentrasi Logam Berat Pada Air Dan Sedimen di Perairan Pesisir Provinsi Sulawesi Selatan. Vol. (3 (1): 67-79.

Susanti, I. (2019). POLYSULFONE MEMBRANE WITH ZEOLITE FILLER FOR CO2/CH4 GAS SEPARATION: A REVIEW. Science Education and Application Journal, 1(1), 10-16.

PlumX Metrics

Published

2020-03-26

How to Cite

Nur, S. .-., & Hasyim, A. (2020). Analisis Kandungan Logam Berat Plumbum (pb) pada Ikan Nila (Oreochormis niloticus Linn) di Danau Tunggu Pampang Makassar. Science Education and Application Journal, 2(1), 22–26. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i1.180