Pengembangan Motion Comic Berbasis Kearifan Lokal dalam Berpikir Aljabar di Sekolah Dasar

Vira Pratiwi, Nunuy Nurketi, Faradiba Catur Putri

Sari


Berpikir Aljabar merupakan kemampuan yang dibutuhkan di abad 21. Kemampuan berpikir aljabar adalah keahlian dalam memecahkan permasalahan yang belum diketahui penyelesaian nya melalui pemisalan yang tepat dan cara yang ditemukan sendiri. Temuan penelitian terdahulu terdapat hambatan dalam berpikir aljabar, yakni epistemology obstacle, didactical obstacle, conceptual obstacle. Selain itu, minimnya kajian mengenai media pembelajaran yang digunakan untuk membiasakan siswa berpikir aljabar sejak sekolah dasar. Tujuan penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran motion comic berbasis literasi digital. Metode yang diguanakan adalah Research and Develovment (R&D) yang melibatkan 10 siswa sekolah dasar kelas IV. Media pembelajaran motion comic berbasis local wisdom memiliki muatan materi matematika yang kontennya disesuaikan dengan kearifan lokal.

Kata Kunci


Berpikir Aljabar, Local Wisdom, Motion Comic, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 

 

 

 

BASE Logo

 

 

 

 

 



Publisher

Department of Mathematics Education

Faculty of Teacher Training and Education

Lamongan Islamic University

Jl. Veteran No.53A Lamongan, Indonesia

 

 

Lisensi Creative Commons

VYGOTSKY: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, p-ISSN : 2656-2286 , e-ISSN:2656-5846, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.