Lembar Kerja Siswa SMP untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras

Ramadhani Mutia Puspa Juwita, Nyayu Masyita Ariani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran Open-Ended untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan 4-D dimodifikasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan sampai menghasilkan LKS yang valid dan praktis menjadi 3 tahapan yaitu:  dengan tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Maret 2020 dilaksanakan di SMP Negeri 57 Bengkulu Utara. LKS ini telah dinyatakan valid oleh 3 validator. Berdasarkan analisis hasil dan angket respon siswa diketahui bahwa LKS yang valid ini telah praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan 4,1 yang berada pada rentang kepraktisan .

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anindya, F. 2018.Pengembangan Bahan Ajar. Jember. Diktat Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar

Hadi,S.,& Radiyatul. (2014). Metode pemecahan menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT, 2(1):53-61

Hafiziani, E.P. 2017. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Dan Rancangan Pembelajarannya.Bandung. Upi Sumedang Press.

Maizora. 2017. Pengembangan Aplikasi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Lingkaran Kelas VII. JP2MS. Bengkulu. 1(1):37.

Musfah. 2016. Pendidikan Islam Memajukan Umat dan Memperkuat Kesadaran Bela Negara. Jakarta. Cv Kencana.

Permendikbud No. 21 Th. 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama.Bsnp.https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/.permendikbudtahun2016No21lampiran.Pdf.(Diakses pada: 6 Desember 2019)

Rasman. 2016. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Pt Kharisma Putra Utama.

Rusdi. 2014. Hakikat dan konsep-konsep dasar psikologi pendidikan, belajar dan pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal polingua. 03(2): 157

Taufan.I. 2018. Model pembelajaran PPS. Jawa Barat. Cv jejak.

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.272

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.