Lembar Kerja Siswa untuk Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.275Keywords:
lembar kerja siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Siswa untuk kemampuan penalaran matematis siswa SMP dengan model pembelajaran Auditory Intellectually and Repetition. Subjek yang menjadi fokus penelitian adalah siswa SMPN 20 Kota Bengkulu kelas VIII. Digunakan model 4-D dalam pengembangan LKS ini. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 Januari-27 Februari 2020. LKS yang dihasilkan telah valid berdasarkan pertimbangan 3 validator dan uji Q Chochran. Uji Q Chochran menunjukkan hasil Q hitung lebih kecil dari tabel taraf signifikasi , yang artinya ketiga validator sepakat bahwa LKS valid. Hasil yang didapatkan pada uji kepraktisan memenuhi kriteria kepraktisan tinggi dengan skor keprakatisan rata-rata secara keseluruhan adalah sebesar 3,53.Downloads
References
Andriyani, R. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Untuk SMP Kelas VII. [Online]. Tersedia:http://r.search.yahoo.com/_ylt=Awrxgvlr5NddySgAbwb3RQx.;_ylu=X3oDMTBycnYxMDN2BGNvbG8Dc2czBHBvcwM2BHZ0aWQDBHNIYwNzcg-- [22 November 2019].
Handayani, I,M. 2014. Keefektifan Auditory Intellectually Repetition Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Penalaran Peserta Didik SMP. [online]. Tersedia:http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18854 [12 Oktober 2019].
Hidayanti, D & Utami, T.H. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk SMP Kelas VIII. Tersedia:http://ejurnal.citrabakti.ac.id/indeks.php/jipcb/article/view/76 [12 Oktober 2019].
Fahrudi, F. E. 2019. Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari kemampuan Akademik Siswa.[Online]. Tersedia: http://repo-tulungagung.ac.id/10797/ [19 Februari 2020].
Fitri, N., Hundiono, B., & Ahmad, D. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Dengan Wawancara Klinis Pada Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial Kelas VIII SMP. [Online]. Tersedia:http://media.neliti.com/media/publications/214655-meningkatkan-kemampuan-penalaran-siswa-d.pdf [13 November 2019].
Khadijah, S,.& Sukmawati, R.A. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dalam Pengajaran Matematika Di Kesa VII MTS. [Online]. Tersedia:http://ppjp.ulm.ac.id/jurnal/index.php/edumat/article/download/568/485 [10 Oktober 2019].
Permendikbud. Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang: Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Permendikbud. [online]. Tersedia:http://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.infoguruku.net/2019/01/download-permendikbud-no37-tahun-2018.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwiW75_tq6flAhUy8HMBHSUxC7kQFjADegQIAxAB&usg=ADvVaw3CEelJyGsc7MZMfIm3l6QS [05 Desember 2019].
Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grub
Rumus Hitung. 2013. Tabel Chi Kuadrat Dan Cara Penggunaannya. [online]. Tersedia:http://rumushitung.com/2013/02/02tabel-chi-square-dan-cara-menggunakannya/ [7 Desember 2019].
Sugiyono. 2011. Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Ubaidah, N. 2017. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa Melalui Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Berbantuan Buku Siswa Pada Materi Persamaan Trigonometri. [Online]. Tersedia:http://jurnal.umj.ac.id/indeks.php/fbc/article/view/1725 [15 Oktober 2019].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.