Lembar Kerja Siswa SMP untuk Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Teorema Phytgoras
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.272Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran Open-Ended untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan 4-D dimodifikasi sesuai dengan penelitian yang dilakukan sampai menghasilkan LKS yang valid dan praktis menjadi 3 tahapan yaitu:Â dengan tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 Maret 2020 dilaksanakan di SMP Negeri 57 Bengkulu Utara. LKS ini telah dinyatakan valid oleh 3 validator. Berdasarkan analisis hasil dan angket respon siswa diketahui bahwa LKS yang valid ini telah praktis dengan nilai rata-rata kepraktisan 4,1 yang berada pada rentang kepraktisan .Downloads
References
Anindya, F. 2018.Pengembangan Bahan Ajar. Jember. Diktat Mata Kuliah Pengembangan Bahan Ajar
Hadi,S.,& Radiyatul. (2014). Metode pemecahan menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT, 2(1):53-61
Hafiziani, E.P. 2017. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Dan Rancangan Pembelajarannya.Bandung. Upi Sumedang Press.
Maizora. 2017. Pengembangan Aplikasi Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing Pada Lingkaran Kelas VII. JP2MS. Bengkulu. 1(1):37.
Musfah. 2016. Pendidikan Islam Memajukan Umat dan Memperkuat Kesadaran Bela Negara. Jakarta. Cv Kencana.
Permendikbud No. 21 Th. 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah Pertama.Bsnp.https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/06/.permendikbudtahun2016No21lampiran.Pdf.(Diakses pada: 6 Desember 2019)
Rasman. 2016. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Pt Kharisma Putra Utama.
Rusdi. 2014. Hakikat dan konsep-konsep dasar psikologi pendidikan, belajar dan pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal polingua. 03(2): 157
Taufan.I. 2018. Model pembelajaran PPS. Jawa Barat. Cv jejak.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif –Progresif. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.