Optimalisasi Field Trip Berbantuan Webquest Pada Materi Geometri untuk Meningkatkan Life Skill Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.143Keywords:
Field Trip, Life Skill, WebquestAbstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui perkembangan life skills mahasiswa pada materi geometri dengan menggunakan metode field trip berbantuan webquest. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar kerja online, lembar observasi dan performance based evaluation sheet. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk. Data penelitian adalah tingkatan life skill mahasiswa. Data dianalisis secara kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Metode Field Trip berbantuan webquest secara optimal meningkatkan life skill mahasiswa. Peningkatan life skill ini terbukti dari peningkatan rata-rata life skill di prasiklus adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus I adalah 63,5 dengan kategori kurang, pada siklus II adalah 71,75 dengan kategori sedang dan pada siklus III adalah 77,25 dengan kategori sedang.Downloads
References
Amosa, A.G., Ogunlade, O.O., & Atobatele, A.S. (2015). Effect of field trip on student academic performance in basic technology in Ilorin Metropolis, Nigeria. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3 (2): 1-6.
Arifin, Z, (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, p. 241-242
Broda, H. W. (2011). Moving the classroom outdoors: Schoolyard-enhanced learning in action. Stenhouse Publishers.
Omosewo, E. O. (2009). Formal instructional method (3): laboratory, demonstration and field trip methods on instruction. principle and practice of instruction. Ilorin Nigeria: Bamitex.
Patrick, P.D., Mathews, C., & Korfiatis, K.J. (2013). Using a Field Trip Inventory to Determine If Listening to Elementary School Students' Conversations, While on a Zoo Field Trip, Enhances Preservice Teachers' Abilities to Plan Zoo Field Trips
Risca (29 Januari 2013). Diskusi Panel :Konsep KKNI dan Pengembangan Life Skill. Faculty of Economi and Bisnis Universitas Brawijaya. (Online). http://feb.ub.ac.id/diskusi-panel-konsep-kkni-dan-pengembangan-life-skill.html. diakses pada 12 Mei 2018.
Roestiyah. (2001), "Strategi belajar mengajar," in Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, p. 85.
Yusuf, M. (2010). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Lembar Kerja Siswa (LKS) Interaktif Berbasis Komputer di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 34-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.