Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching

safriana safriana

Abstract


Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan pengetahuan pengajaran (pedagogik) dan pengetahuan materi ajar (Content).  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan PCK mahasiswa calon guru pada pelaksanaan microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendapat gambaran awal kemampuan PCK mahasiswa calon guru. Instrumen yang digunakan berupa CoRe dan PaPeR dengan subjek penelitian adalah mahasiswa angkatan 2016 yang mengambil mata kuliah mikroteaching semester genap 2018/2019 berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisis CoRe dan PaPeR diperoleh: jumlah ide besar untuk pengembangan materi ajar hanya ada 1 sampai 3. Materi  fisika yang dipilih  calon guru rata-rata materi dasar di kelas X dan XI SMA. Ada 72% calon guru kesulitan dalam penguasan konsep yang mengakibatkan masih terjadinya miskonsepsi pada penjelasan konsep fisika. Hanya 24% calon guru yang mampu memanfatkan media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang efektif sedangkan 56% mahasiswa masih kesulitan dalam mengelola kelas. Adapun kesulitan calon guru dalam menyusun penilaian (Asessment) hanya 36%, sedangkan dalam pemberian aprsepsi, calon guru memiliki kendala sebesar 52%.  Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa calon guru masih sangat rendah dan perlu ditingkatkan lagi dengan menerapkan strategi yang tepat pada pengajaran mikro.

Keywords


Pedagogical Content Knowledge (PCK), Calon guru, fisika

References


Altuk, Y. G., Kaya, V. H. And Bahceci, D. (2012) ‘A Study On Developing

“Microteaching Scale” For Student Teachers’, Procedia - Social And Behavioral Sciences, 46, Pp. 2964–2969. Doi: 10.1016/J.Sbspro.2012.05.598.

Bilen, K. (2015) ‘Effect Of Micro Teaching Technique On Teacher Candidates ’ Beliefs

Regarding Mathematics Teaching’, Procedia - Social And Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 174, Pp. 609–616. Doi: 10.1016/J.Sbspro.2015.01.590.

Evens, M., Elen, J. And Depaepe, F. (2015) ‘Developing Pedagogical Content

Knowledge: Lessons Learned From Intervention Studies’, Education Research International. Hindawi, 2015, Pp. 1–23. Doi: 10.1155/2015/790417.

Indrawati And Sutarto (2016) ‘Studi Pedagogical Content Knowledge (Pengetahuan

Konten Pedagogik) Mahasiswa Calon Guru Fisika’, In Seminar Nasional Pendidikan, Pp. 730–742.

Karçkay, A. T. And Sanlı, S. (2009) ‘The Effect Of Micro Teaching Application On The

Preservice Teachers ’ Teacher Competency Levels .’, In World Conference On Educational Sciences, Pp. 844–847. Doi: 10.1016/J.Sbspro.2009.01.151.

Kartal, T., Ozturk, N. And Ekici, G. (2012) ‘Developing Pedagogical Content Knowledge

In Preservice Science Teachers Through Microteaching Lesson Study’, 46, Pp. 2753–2758. Doi: 10.1016/J.Sbspro.2012.05.560.

König, J. Et Al. (2017) ‘Studies In Educational Evaluation E Ff Ects Of Opportunities To

Learn In Teacher Preparation On Future Teachers ’ General Pedagogical Knowledge : Analyzing Program Characteristics And Outcomes’, Studies In Educational Evaluation. Elsevier, 53(March), Pp. 122–133. Doi: 10.1016/J.Stueduc.2017.03.001.

Loughran, J., Berry, A. And Mulhall, P. (2008) ‘Pedagogical Content Knowledge In

Science Teacher Education’, International Journal Of Science Education, 30, Pp. 1301–1320.

Purwoko, R. Y. (2017) ‘Analisis Kemampuan Content Knowledge Mahasiswa Calon

Guru Matematika Pada Praktek Pembelajaran Mikro’, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), Pp. 55–65.

Rahmat, A. And Purwianingsih, W. (2016) ‘Pedagogical Content Knowledge ( PCK )

Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Di Kota Cimahi Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) Guru Dalam Pembelajaran Biologi SMA Di Kota Cimahi’, In Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains, Pp. 17–24.

Ramdhani, N. Et Al. (2012) ‘Teacher Quality Improvement Program : Empowering

Teachers To Increasing A Quality Of Indonesian ’ S Education’, Procedia - Social And Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 69(Iceepsy), Pp. 1836–1841. Doi: 10.1016/J.Sbspro.2012.12.134.

Safriana And Fatmi, N. (2018) ‘Analisis Miskonsepsi Materi Mekanika Pada Mahasiswa

Calon Guru Melalui Force Concept Inventory Dan Certainty Of Response Index’, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 06(02), Pp. 90–94. Doi: 10.24815/Jpsi.V6i2.11897.

Sukaesih, S., Ridlo, S. and Saptono, S. (2017) ‘Lembaran Ilmu Kependidikan Profil

Kemampuan Pedagogical Content Knowledge ( PCK ) Calon Guru Biologi’, 46 (September), pp. 68–74.

Sulmi (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Guru Dengan Berbantuan Kegiatan Workshop

Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Di Sungai Majo Kecamatan Kubu’, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(3), pp. 447–454. doi: . http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i3.6986.

Sunhaji (2014) ‘Kualitas Sumber Daya Manusi (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi

Guru)’, Jurnal Kependidikan, II(1), pp. 142–160.




DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk EUROPUB

Lisensi Creative Commons

Science Education and Application Journal (SEAJ), p-ISSN : 2656-6672 , e-ISSN: 2656-8365, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.