Optimalisasi Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Alternatif Laboratorium IPA

Mohammad Abdul Khafid, Lukman Hakim, imam mahmudi

Abstract


Abstrak

Ilmu Pengetahuan Alam tidak hanya membahas tentang materi akan tetapi juga  tentang praktik atau pengalaman secara langsung. Peserta didik seharusnya diajak melaksanakan praktik secara riil, konkrit, sesuai dengan teori yang sedang dipelajari (Dalam konteks IPA SD yaitu tentang keadaan lingkungan sekitar, atau yang ada di kehidupan sehari-hari). Permasalahan yang ada di lapangan, pada kenyataanya, sebagian guru  hanya mengajarkan teori yang ada di buku dan hanya menerapkan pembalajaran di dalam ruang kelas. Hal tersebut dipicu karena tidak adanya fasilitas laboratorium yang memadai di sekolah, serta minimnya motivasi untuk membuat inovasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan phenomenology. Berdasarkan hasil penelitian, sebenarnya solusi dari permasalahan ini sangat dekat dengan bapak/ibu guru, yaitu  lingkungan sekitar sekolah dengan berbagai objek dan fenomenanya. Adanya lingkungan sekolah ini baik halaman, kebun dan  lapangan sekolah ini dapat menjadi wahana yang sangat tepat sebagai alternatif laboratorium pembelajaran, atau dengan istilah lain yaitu sebagai laboratorium berbasis lingkungan.  

 

 


Keywords


lingkungan sekolah; laboratorium IPA; laboratorium berbasis lingkungan

References


Fikri., A. A., Ismah, V., & Paidi, P. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran model Guided Inquiry untuk meningkatkan creative thinking Siswa. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching. Vol (1)(01): 1-8.

Darmodjo, Hendro, 1993. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2006. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Dtjen Dikti

Elseria. 2016. ‘Efektifitas Pengelolaan Laboratorium IPA’ Manajer Pendidikan. Volume 10. No 1.

Emda, A. 2014. ‘Laboratorium Sebagai Sarana Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah’. Lantanida Journal, Vol.2 No.2.

Emda, A. 2014. ‘Laboratorium Sebagai Sarana Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah’. Lantanida Journal, Vol.2 No.2.

Emda, A. 2014. ‘Laboratorium Sebagai Sarana Kimia dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah’. Lantanida Journal, Vol.2 No.2.

Hafiar, H dan Jimi N. M. 2017. ‘Tantangan Optimalisasi Peran Laboratorium TV di Peruguruan Tinggi Profetik’ Jurnal Komunikasi. Vol 10 No. 02 Oktober 2017.

Muna, I. A. 2016. ‘Optimalisasai Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo’. Kodifikasia, Vol. 10 No.1.

Muna, I. A. 2016. ‘Optimalisasai Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo’. Kodifikasia, Vol. 10 No.1.

Muna, I. A. 2016. ‘Optimalisasai Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo’. Kodifikasia, Vol. 10 No.1.

Rahmawati, Y. 2010. Perkembangan Sistem Pendidikan Balai Pondok Pesantren Pabelan (Menuju Pesantren Modern ). Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Rizki, J. W. S. (2013). Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Perguruan Tinggi, Melalui Peran Pustakawan. Jurnal Al-Kuttab, 1(2).

Salabi, A. 2016. ‘Needs Assessment Laboratorium Biologi Pada Madrasah Aliyah negeri (MAN) di Kota Banjarmasin’ Jurnal PTK dan Pendidikan Vol. 2 No. 2.

Salabi, A. 2016. ‘Needs Assessment Laboratorium Biologi Pada Madrasah Aliyah negeri (MAN) di Kota Banjarmasin’ Jurnal PTK dan Pendidikan Vol. 2 No. 2.

Sulistyorini. 2006. Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Sains di SD dan MI. Makalah disampaikan pada Training For Teacher SD Ilam Terpadu. FIP UNNES

Yaman, E. 2016. ‘Pengoptimalan Peran Kepala Laboratorium dalam Menunjang Pembelajaran IPA di SMPN 7 Kubung’ Jurnal Penelitian Guru Indonesia-JPGI (2016) Vol. 1.




DOI: https://doi.org/10.30736/seaj.v1i2.130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk EUROPUB

Lisensi Creative Commons

Science Education and Application Journal (SEAJ), p-ISSN : 2656-6672 , e-ISSN: 2656-8365, is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.