Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.137Keywords:
literasi statistisAbstract
Penelitian ini bertujuan mengukur literasi statistis  siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif. Literasi statistis  siswa diukur dengan tes literasi statistis  yang validitas dan reliabilitasnya telah teruji. Validitas tes dievaluasi oleh dua orang ahli secara formatif sedangkan reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (KR 20). Penilaian validitas tes menunjukan bahwa tes valid, dan uji reliabilitas menunjukan bahwa koefisien reliabilitas  yang menunjukan tes cukup reliabel. Hasil tes menunjukan bahwa skor rata-rata tes literasi statistis  siswa adalah 63,2 (SD=8,28). Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII J SMPN 1 Gresik memiliki kemampuan literasi satistis yang cukupDownloads
References
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta
Badan Standar Pendidkan Nasional. (2019). Buku Saku Ujian Nasional 2019. Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2019/03/19_02_19-Buku-Saku-UN-2019-revisi-BS-20-Feb-1.pdf
Lestariningsih. (2019). Profil matematisasi mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan kemampuan matematika dan gender (Disertasi Program Doktor tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.
OECD. (2000). Measuring student knowledge and skills. The PISA 2000 Assessment of Reading, Mathematical and Scientific Literacy. Education and Skills. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33692793.pdf
OECD. (2004). First results from PISA 2003. Executive summary. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/34002454.pdf
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem solving and Financial literacy. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus. What 15-year-olds know what they can do with what they know. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf
Romijin & Jan-Willem. (2014). Philosophy of Statistics. Standford encyclopedia of philosophy. Diakses dari http://plato.stanford.edu/entries/statistics/
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.