Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik

Authors

  • Junaidah Wildani Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qomaruddin
  • Illah Winiati Triyana Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qomaruddin
  • Wilda Mahmudah Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Qomaruddin

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.137

Keywords:

literasi statistis

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur literasi statistis  siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII J. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data adalah pendekatan kuantitatif. Literasi statistis  siswa diukur dengan tes literasi statistis  yang validitas dan reliabilitasnya telah teruji.  Validitas tes dievaluasi oleh dua orang ahli secara formatif sedangkan reliabilitas tes dihitung dengan menggunakan rumus Kuder Richardson (KR 20). Penilaian validitas tes menunjukan bahwa tes valid, dan uji reliabilitas menunjukan bahwa koefisien reliabilitas   yang menunjukan tes cukup reliabel. Hasil tes menunjukan bahwa skor rata-rata tes literasi statistis  siswa adalah 63,2 (SD=8,28). Hasil ini menunjukan bahwa siswa kelas VIII J SMPN 1 Gresik memiliki kemampuan literasi satistis yang cukup

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Standar Pendidkan Nasional. (2019). Buku Saku Ujian Nasional 2019. Diakses dari http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2019/03/19_02_19-Buku-Saku-UN-2019-revisi-BS-20-Feb-1.pdf

Lestariningsih. (2019). Profil matematisasi mahasiswa calon guru matematika dalam menyelesaikan soal literasi matematis berdasarkan kemampuan matematika dan gender (Disertasi Program Doktor tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia.

OECD. (2000). Measuring student knowledge and skills. The PISA 2000 Assessment of Reading, Mathematical and Scientific Literacy. Education and Skills. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/33692793.pdf

OECD. (2004). First results from PISA 2003. Executive summary. Diakses dari http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassessmentpisa/34002454.pdf

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem solving and Financial literacy. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/PISA%202012%20framework%20e-book_final.pdf

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus. What 15-year-olds know what they can do with what they know. Diakses dari https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf

Romijin & Jan-Willem. (2014). Philosophy of Statistics. Standford encyclopedia of philosophy. Diakses dari http://plato.stanford.edu/entries/statistics/

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

PlumX Metrics

Published

2019-08-31

How to Cite

Wildani, J., Triyana, I. W., & Mahmudah, W. (2019). Literasi Statistis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gresik. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2), 99–110. https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.137