Pengembangan Game Android Berbantuan Software Gamesalad untuk Siswa SMP Materi Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.131Keywords:
Pengembangan, GameSalad, Game Android, PerbandinganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan game android untuk siswa SMP Kelas VII materi perbandingan berbasis game android berbantuan software GameSalad. Model pengembangan ini adalah model Thiagarajan dikenal model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,93 dengan kategori valid ditafsirkan sangat tinggi dengan menggunakan uji validitas, uji kepraktisan menunjukkan persentase sebesar 82,5% yang berarti kategori baik dengan penggunaan angket respon siswa, dan tes efektif menunjukkan hasil 81,5% dari 32 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa game android dalam materi perbandingan dapat dinyatakan sebagai valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam belajar matematika.Downloads
References
Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Zubaidah, A. R. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswa Pressindo.
R. P. Murtikusuma, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Problem-Based Learning Berbantuan Media Powerpoint untuk Siswa Kelas XI SMK Materi Barisan dan Deretâ€, Saintifika, vol. 17, no. 2, pp. 20–33, 2015
F. L. Safitri, Susanto, and A. Fatahillah, “Analisis Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 8 Jember Berdasarkan Polya Dengan Pemberian Scaffolding Pokok Bahasan Kubus dan Balok,†Kadikma, vol. 8, no. 2, pp. 155165, 2017.
R. Nisyak, D. Trapsilasiwi, and A. Fatahillah, "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Web Desmos Materi Grafik Fungsi Kuadrat"Kadikma, vol. 9, no. 2, pp 155-164, 2018.
L.I. Hermawan, Hobri, and R.P. Murtikusuma, "Pengembangan E-comic Berbantuan Pixton pada Materi Program Linier Dua Variabel", Kadikma, vol. 9, no. 2, pp. 79, 2018.
K. T. Martono, "Perancangan Game Edukasi 'Fish Indetity" dengan Menggunakan Java TM" J. Sistem Komputer, vol. 2, no. 1, p. 49-54, 2011.
M. Ninaus., et al. " SiGMA: a Software Framework for Integrating Advanced Mathematical Capabilities in Serious Game Development", Computers in Human Behavior Journal , vol. 1, no. 70, p. 319-325, 2017.
H. Liberna, "Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Penggunaan Metode Improve pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel," J. Formatif, vol. , no. 3,pp.190-197, 2016.
Guerineau, D. 2012. Learn GameSalad for iOS Game Development for iPhone, iPad, and HTML5. New York: Apress.
Safaat, N. 2012. Android Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan Tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.