Pengembangan Game Android Berbantuan Software Construct 2 Pada Materi Pola Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.135Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran matematika berbasis game Android berbantuan Software Construct 2 pada pola bilangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, dengan model pengembangan Thiagarajan. Uji coba dilaksanakan pada 30 siswa kelas VIII E di SMPN 4 Jember. Hasil validasi media diperoleh nilai validitas 0,87 dengan kategori interpretasi sangat tinggi. Hasil analisis angket respon pengguna diperoleh persentase 86% termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis tes kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata 92,33 atau persentase 90% dengan kategori interpretasi sangat tinggi.Downloads
References
Asmin. (2003). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan (Versi Elektronik). Pendidikan Dan Kebudayaan, 2.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gavamedia.
Hobri. (2010). Metode Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Idris, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Regulated Learning Melalui Model Teams Games Tournament berbasis Kartu Trimino.
Kevin, V. S. (2019). Perancangan Game Edukasi untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Anak Usia 6-8 Tahun Terhadap Matematika Melalui Komunikasi Visual. UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
Khabibah, S. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. Disertasi yang tidak dipublikasikan oleh Pasca Sarjana Unesa.
Khatimah, H., Johar, R., & Taufik Fuandi Abidin. (2019). Upaya Guru Menggunakan Game dalam Pembelajaran Matematika. Peluang, 1, 13–21.
Mulyani, E. W. S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pembelajaran Bangun Ruan. Teknologi Pendidikan, 6.
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya.
Murtikusuma, R. P. (2019). The development of interactive mathematics learning media based on schoology and visual basic through industrial revolution 4 . 0 The development of interactive mathematics learning media based on schoology and visual basic through industrial, 0–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/243/1/012137
Putriani, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Program Construct 2 pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Siswa SMP Kelas 8. Pendidikan Matematika, 6(3).
Sari, D. P. (2019). Berbasis Mobile Learning Melalui Game Edukasi Laciku pada Materi Operasi Aljabar Sebagai Learning Exercise bagi Siswa. UIN Raden Intan Lampung.
Setiawani, S., Hobri, & Wibowo, H. C. (2017). Proses Berpikir Siswa Autis dalam Menyelesaikan Soal Kontektual Dilihat dari Teori Suryabrata. Kadikma, 8(2), 41–50.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Tirri, K., Cho, S., Ahn, D., & Campbell, J. R. (2017). Education for Creativity and Talent Development in the 21st Century. Education, 2017, 2–4.
Ulfa, M. K. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Metode Teams Games Tournament (TGT) dan Media Permainan Ular Tangga. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.
Wahid, N. A., Fatahillah, A., & Dafik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Software. Jurnal Edukasi, I,1.
Wijaya, H. T., Fatahillah, A., & Oktavianingtyas, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Android dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 ( Development of Learning Media Based on Android Game in Dealing With Industrial Revolution Era 4 . 0 ).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.