Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok

Authors

  • Ria Fibriana Sari Universitas Negeri Surabaya
  • I Ketut Budayasa Universitas Negeri Surabaya
  • Agung Lukito Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.191

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik.

Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.

   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Association for Educational Communication and Technology. (2017). The Definition of Educational Terminology. Washington. DC: Author.

Clark, J. M., & Paivio, A. (2019). Dual Coding Theory and Education. Educational Psychology Review, 3(3), 149-210.

Djamarah, Syaiful, B., & Azwan, Z. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayatullah, Priyanto, dkk. (2011). Animasi Pendidikan menggunakan Flash. Bandung:Informatika Bandung

Ibrahim, M. (2010). Peningkatan Kompetensi Pedagogi dan Kinerja MIPA. Malang. Pelatihan Guru MIPA

Kardi, S. (2013). Tujuan Pembelajaran Perumusan dan Penggunaannya. Surabaya: Universitas Negeri surabaya.

Munadi, Y. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa Press.

Nur, M., & Wikandari, P. R. (2018). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Universitas Negeri Surabaya.

Rosari, R. W. (2009). Special Workshop: Macromedia Captivate. Semarang: Offset.

Rustaman, N. (2015). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: UM Press.

Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slamento. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhardi. (2018). Media Pendidikan Matematika. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas.

Winkel, W, (2019). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

PlumX Metrics

Published

2020-02-28

How to Cite

Sari, R. F., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 43–53. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.191