Pengembangan Perangkat Pembelajaran Langsung dengan Animasi Berbasis Flash pada Kubus dan Balok
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.191Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru maka diperlukan alternatif pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu alternatif yaitu menggunakan media animasi Flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran langsung dengan media animasi berbasis Flash pada materi kubus dan balok untuk siswa SMP kelas VIII. Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D (model Thiagarajan dkk). Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Media Pembelajaran Berbasis Flash, (3) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan (4) Tes Hasil Belajar (THB). Berdasarkan hasil uji coba perangkat, diperoleh perangkat pembelajaran langsung berbasis Macromedia Flash valid menurut para validator serta memenuhi kriteria: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran berkriteria baik, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran baik, (3) respons siswa terhadap komponen belajar positif, (4) tes hasil belajar memenuhi kriteria valid, reliabel, dan sensitif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berkualitas baik.
Kata-kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Flash, Kubus dan Balok.
  ÂDownloads
References
Association for Educational Communication and Technology. (2017). The Definition of Educational Terminology. Washington. DC: Author.
Clark, J. M., & Paivio, A. (2019). Dual Coding Theory and Education. Educational Psychology Review, 3(3), 149-210.
Djamarah, Syaiful, B., & Azwan, Z. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayatullah, Priyanto, dkk. (2011). Animasi Pendidikan menggunakan Flash. Bandung:Informatika Bandung
Ibrahim, M. (2010). Peningkatan Kompetensi Pedagogi dan Kinerja MIPA. Malang. Pelatihan Guru MIPA
Kardi, S. (2013). Tujuan Pembelajaran Perumusan dan Penggunaannya. Surabaya: Universitas Negeri surabaya.
Munadi, Y. (2018). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa Press.
Nur, M., & Wikandari, P. R. (2018). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah (PSMS) Universitas Negeri Surabaya.
Rosari, R. W. (2009). Special Workshop: Macromedia Captivate. Semarang: Offset.
Rustaman, N. (2015). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: UM Press.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slamento. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana & Ahmad, R. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suhardi. (2018). Media Pendidikan Matematika. Jakarta: Dirjen PMPTK Depdiknas.
Winkel, W, (2019). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.