Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.193Keywords:
Kesalahan Siswa, Masalah Matematika, Aljabar, ScaffoldingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika serta mendeskripsikan upaya pemberian scaffolding untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dua fase, atau yang lebih dikenal dengan Explanatory Design dengan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar validasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kabupaten Aceh Barat pada semester ganjil 2018. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada aspek soal cerita mempunyai persentase kesalahan terbesar (81%), diikuti oleh bentuk aljabar (72%), variabel (70%), dan persamaan (45%). Setelah pemberian scaffolding, keenam siswa tersebut menjadi paham letak kesalahannya dan mampu menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dengan tepat.Downloads
References
Anghileri, J. 2006. Scaffolding Pactices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education.
Egodawatte, G. 2011. Secondary School Students’ Misconceptions in Algebra. Tesis tidak diterbitkan. Toronto: University of Toronto.
Hall, R D. G. 2001. An Analysis of Thought Processes during Simplification of an Algebraic Expression. UK: Exeter University.
Ihsan. 2003. Mendiagnosis dan Membantu Kesulitan Siswa dalam Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas III SLTP PGRI 6 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Janneke, VDP, Volman, M dan Beishuizen, J. 2010 Scaffolding in Teacher-Student Interaction: A Decade of Research. Education Psychology Review. (22): 271-296.
Kolikant,Y.B. & Broza, O. 2010. The effect of using a video clip presenting a contextual story on low-achieving students' mathematical discourse. Jerusalem: The Hebrew University of Jerusalem.
Mamin, R. 2008. Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem
Periodik Unsur. Jurnal Chemica. 10 (2): 55-60.
NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). 2008. Algebra: What, When, and for Whom. A Position of the National Council of Teachers of Mathematics, (Online), (http://www.nctm.org/about/content.aspx? id=16229), diakses 15 Desember 2019.
Pujisari, Anisa. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Bentuk Aljabar. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sujiati, A. 2011. Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Pemberian Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Vonna, Y., Mukmanatien, N., dan Laksmi, E.D. 2015. The Effect of Scaffolding Techniques on Students’ Writing Achievement. Jurnal Pendidikan Humaniora. 3 (1): 227-233.
Yakin, M.H.A. 2011. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyederhanakan Pecahan Aljabar dan Upaya Mengatasinya dengan Menggunakan Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.
Yohanes, R.S. 2010. Teori Vygotsky dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Widya Warta. (2): 127-135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.