Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo

Dian Kristanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika serta mendeskripsikan upaya pemberian scaffolding untuk membantu mengatasi kesalahan tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method dua fase, atau yang lebih dikenal dengan Explanatory Design dengan partisipan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain: lembar validasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Penelitian dilakukan terhadap 30 siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Meureubo Kabupaten Aceh Barat pada semester ganjil 2018. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada aspek soal cerita mempunyai persentase kesalahan terbesar (81%), diikuti oleh bentuk aljabar (72%), variabel (70%), dan persamaan (45%). Setelah pemberian scaffolding, keenam siswa tersebut menjadi paham letak kesalahannya dan mampu menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dengan tepat.

Kata Kunci


Kesalahan Siswa; Masalah Matematika; Aljabar; Scaffolding

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anghileri, J. 2006. Scaffolding Pactices that Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education.

Egodawatte, G. 2011. Secondary School Students’ Misconceptions in Algebra. Tesis tidak diterbitkan. Toronto: University of Toronto.

Hall, R D. G. 2001. An Analysis of Thought Processes during Simplification of an Algebraic Expression. UK: Exeter University.

Ihsan. 2003. Mendiagnosis dan Membantu Kesulitan Siswa dalam Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar di Kelas III SLTP PGRI 6 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Janneke, VDP, Volman, M dan Beishuizen, J. 2010 Scaffolding in Teacher-Student Interaction: A Decade of Research. Education Psychology Review. (22): 271-296.

Kolikant,Y.B. & Broza, O. 2010. The effect of using a video clip presenting a contextual story on low-achieving students' mathematical discourse. Jerusalem: The Hebrew University of Jerusalem.

Mamin, R. 2008. Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem

Periodik Unsur. Jurnal Chemica. 10 (2): 55-60.

NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). 2008. Algebra: What, When, and for Whom. A Position of the National Council of Teachers of Mathematics, (Online), (http://www.nctm.org/about/content.aspx? id=16229), diakses 15 Desember 2019.

Pujisari, Anisa. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Bentuk Aljabar. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sujiati, A. 2011. Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah dengan Pemberian Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Vonna, Y., Mukmanatien, N., dan Laksmi, E.D. 2015. The Effect of Scaffolding Techniques on Students’ Writing Achievement. Jurnal Pendidikan Humaniora. 3 (1): 227-233.

Yakin, M.H.A. 2011. Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyederhanakan Pecahan Aljabar dan Upaya Mengatasinya dengan Menggunakan Scaffolding. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Yohanes, R.S. 2010. Teori Vygotsky dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Widya Warta. (2): 127-135.




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.193

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.