Analisis Varian Sederhana dan Uji-Scheffe dalam Penelitian Eksperimen Pengajaran Matematika Melalui Pemahaman Filsafat Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30736/vj.v2i2.240Keywords:
analysis of variance, experimental research, mathematical philosophy, Mathematics, Scheffe testAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji beda pengajaran matematika dengan menggunakan pemahaman filsafat matematika terhadap nilai soal matematika yang tergolong kategori sulit. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah eksperimen. Pengujian yang digunakan dengan memakai analisis varians sederhana dan uji scheffe. Hasil penelitian eksperimen ini mengungkapkan bahwa dengan analis varians ada beda yang signifikan antara mean-mean kelompok, yaitu kelompok 1 sebagai variabel control, kelompok 2 sebagai variabel eksperimen dengan lama setengah semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika dan kelompok 3 sebagai variabel eksperimen dengan lama satu semester pengajaran matematika dengan model filsafat matematika serta melalui uji scheffe disimpulkan bahwa kelompok eksperimen secara signifikan bepenampilan lebih baik dibandingkan kelompok control.Downloads
References
Buku
Alisah, Evawati & Dharmawan, Eko Prasetyo. (2007). Filsafat Dunia Matematika: Pengantar untuk Memaham Konsep-Konsep Matematika. Jakarta: Prestas Pustakaraya.
Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun, H.H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. United States (New York): McGraw-Hill Companies. Inc.
Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lukiastuti, Fitri & Hamdani, Muliawan. (2021). Statistika Non Parametris. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatid dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sumanto. (2014). Statistika Terapan. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service.
Jurnal
Aminah, S., Wijaya, T.T., & Yuspriyanti, D. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas viii pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-22.
Dwidarti, U., Mampouw, Lygia, H. & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Fauzi, A., Waluya, B., & Masrukan. (2019). Pembelajaran matematika dengan pendekatan realistic mathematics education (RME) berbasis soal open-ended untuk meningkatkan komunikasi. Phenomenon, 9(1), 87-98.
Halim,F., & Rasidah, N. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan (analysis of student errors in resolcing the problem of Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 35-44.
Irmawati, Rukli, & Bharllah. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan metode discovery learning berbasis grander di sekolah dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-139.
Martini, S., & Al, E. (2018). Pengaruh pendekatan realistic terhadap kemampuan komunikasi dan self confidence siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 149-156.
Simarmata, A.M, Wibowo, M.R.H., Hutajulu, M., & Hendriana, H. (2018). Motivasi belajar siswa smp dengan menggunakan. Jurnal Prisma, VII(2), 135-144.
Yenni, & Sukmawati, R. (2019). Analisis kemampuan berpikir reflektif matematis berdasarkan minat belajar pada mata kuliah sruktur aljabar. Teorema: TEori dan Riset Matematika, 4(2), 75-82.
Yuharsono. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmetika social dengan pendekatan matematika realistic dan model belajar kooperatif tipe stad. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 92-106.
Zakiah, N.e., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120.
Zanthy, L.S. (2016). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari latar belakang pilihan jurusan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di stkip siliwangi bandung. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.