Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346Keywords:
Pemecahan Masalah, Open-Ended, PolyaAbstract
Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa berdasarkan tahapan Polya ialah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif pada metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 21 Malang pada kelas VIII.6, dengan menyaring siswa menjadi tiga yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Peneliti sendiri, tes masalah open-ended, dan pedoman wawancara ialah instrument yang digunakan. Siswa berkemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan sangat baik dalam memecahkan masalah dan memenuhi keempat tahapan Polya. Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi tiga tahapan Polya tanpa mengecek kembali dan dapat dikategorikan baik. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah Polya dan dikategorikan kurang baik.Downloads
References
Aini, I. N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.345
Amalina, S. V., & Ekawati, R. (2020). Profile of Open-Ended Problem Solving Based on Polya’s Steps Viewed from Mathematical Ability Level of Junior High School Students. MATHEdunesa, 9(2), 402–411. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p402-411
Azinar, J. A., Munzir, S., & Bahrun. (2020). Students’ logical-mathematical intelligence through the problem-solving approach. Journal of Physics: Conference Series, 1460, 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012024
Aziza, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tertutup dan terbuka pada pokok bahasan lingkaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 126–138. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.26563
Bishara, S. (2016). Creativity in unique problem-solving in mathematics and its influence on motivation for learning. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1202604
English, L., & Sriraman, B. (2010). Problem Solving for the 21st Century. In B. Sriraman & L. English (Eds.), Theories of Mathematics Education (pp. 263–290). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-00742-2_27
Febriyanti, R., & Novitasari, N. (2019). Pola Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa yang Berkemampuan Setara. VYGOTSKY, 1(2), 56. https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.126
Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. VYGOTSKY, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177
Hastuti, J., Sugiatno, S., & Nursangaji, A. (2014). Pengembangan Soalopen Ended Problem Solving Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UntanDoctoral dissertation, Tanjungpura University, 3(12)
Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118
Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30
Muhsetyo, G. (2016). Mengembangkan Masalah Sederhana Mencari Luas Bangun Datar Menjadi Masalah Open-Ended Konseptual. JPM (Jurnal Pembelajaran Matematika), 3(1)
Nataraj, P. N., & Manjula, M. (2012). A study of problem solving ability among the matriculation school students. International Journal of Teacher Education Research (IJTER), 1(4), 38–40
Nengsih, L. W., Susiswo, & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143–148
Özsoy, G., Kuruver, H. G., & Çakiroglu, A. (2015). Evaluation of Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132
Pathak, N. (2013). A Study of Problem Solving Ability among Undergraduate Mathematical Gifted Students. International Journal of Teacher Educational Research (IJTER), 1(4), 506–508
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press
Rajiman, W. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Logika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. Disertasi: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Simatupang, R., Elvis Napitupulu, E., & Syahputra, E. (2019). Analysis of Mathematical Problem-Solving Abilities Taught Using Problem-Based Learning. American Journal of Educational Research, 7(11), 794–799. https://doi.org/10.12691/education-7-11-6
Suwandi, T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis Masalah Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah oleh Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(2), 163–173
Thursina, A. F., & Sutriyono, S. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended pada Materi Bangun Datar Segiempat bagi Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 96. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.297
Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusijigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.