Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya

Authors

  • Ni Putu Gita Arilaksmi Universitas Negeri Malang
  • Susiswo Susiswo Universitas Negeri Malang
  • I Made Sulandra Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346

Keywords:

Pemecahan Masalah, Open-Ended, Polya

Abstract

Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah open-ended siswa berdasarkan tahapan Polya ialah tujuan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan deksriptif pada metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 21 Malang pada kelas VIII.6, dengan menyaring siswa menjadi tiga yang mewakili kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Peneliti sendiri, tes masalah open-ended, dan pedoman wawancara ialah instrument yang digunakan. Siswa berkemampuan matematika tinggi mempunyai kemampuan sangat baik dalam memecahkan masalah dan memenuhi keempat tahapan Polya. Siswa berkemampuan matematika sedang memenuhi tiga tahapan Polya tanpa mengecek kembali dan dapat dikategorikan baik. Siswa berkemampuan matematika rendah tidak memenuhi keempat tahapan pemecahan masalah Polya dan dikategorikan kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, I. N. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.345

Amalina, S. V., & Ekawati, R. (2020). Profile of Open-Ended Problem Solving Based on Polya’s Steps Viewed from Mathematical Ability Level of Junior High School Students. MATHEdunesa, 9(2), 402–411. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p402-411

Azinar, J. A., Munzir, S., & Bahrun. (2020). Students’ logical-mathematical intelligence through the problem-solving approach. Journal of Physics: Conference Series, 1460, 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012024

Aziza, M. (2019). Kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal tertutup dan terbuka pada pokok bahasan lingkaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 126–138. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.26563

Bishara, S. (2016). Creativity in unique problem-solving in mathematics and its influence on motivation for learning. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1202604

English, L., & Sriraman, B. (2010). Problem Solving for the 21st Century. In B. Sriraman & L. English (Eds.), Theories of Mathematics Education (pp. 263–290). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-00742-2_27

Febriyanti, R., & Novitasari, N. (2019). Pola Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa yang Berkemampuan Setara. VYGOTSKY, 1(2), 56. https://doi.org/10.30736/vj.v1i2.126

Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. VYGOTSKY, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Hastuti, J., Sugiatno, S., & Nursangaji, A. (2014). Pengembangan Soalopen Ended Problem Solving Materi Segi Empat untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UntanDoctoral dissertation, Tanjungpura University, 3(12)

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109–118

Maimunah, M., Purwanto, P., Sa’dijah, C., & Sisworo, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Melalui Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Penalaran Matematis Siswa Kelas X-A SMA Al-Muslimun. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.17-30

Muhsetyo, G. (2016). Mengembangkan Masalah Sederhana Mencari Luas Bangun Datar Menjadi Masalah Open-Ended Konseptual. JPM (Jurnal Pembelajaran Matematika), 3(1)

Nataraj, P. N., & Manjula, M. (2012). A study of problem solving ability among the matriculation school students. International Journal of Teacher Education Research (IJTER), 1(4), 38–40

Nengsih, L. W., Susiswo, & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143–148

Özsoy, G., Kuruver, H. G., & Çakiroglu, A. (2015). Evaluation of Students’ Mathematical Problem Solving Skills in Relation to Their Reading Levels. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 113–132

Pathak, N. (2013). A Study of Problem Solving Ability among Undergraduate Mathematical Gifted Students. International Journal of Teacher Educational Research (IJTER), 1(4), 506–508

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton University Press

Rajiman, W. (2018). Karakteristik Pemecahan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Logika Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Wajo. Disertasi: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Simatupang, R., Elvis Napitupulu, E., & Syahputra, E. (2019). Analysis of Mathematical Problem-Solving Abilities Taught Using Problem-Based Learning. American Journal of Educational Research, 7(11), 794–799. https://doi.org/10.12691/education-7-11-6

Suwandi, T., Hasnunidah, N., & Marpaung, R. R. T. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis Masalah Open-Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah oleh Siswa. Jurnal Pendidikan Progresif, 6(2), 163–173

Thursina, A. F., & Sutriyono, S. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended pada Materi Bangun Datar Segiempat bagi Siswa SMP. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 96. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.297

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusijigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

PlumX Metrics

Published

2021-02-28

How to Cite

Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346