Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Anggi Putri Novia Erlina Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Suryo Widodo Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aprilia Dwi Handayani Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.403

Keywords:

Pembelajaran, Kontekstual, Berpikir Kritis

Abstract

Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis,  hasil yang diperoleh adalah  implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk  dalam upaya peningkatan critical ability  siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Suryo Widodo, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

Aprilia Dwi Handayani, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

Dosen Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nusantara PGRI Kediri

References

Agustianto, E. (2018). Penerapan Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Kapasitas Berpikir Kritis Matematik Pesertadidik Di Tingkat Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1063. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1063-1070

Allen, M., Preiss, R. W., Gayle, B. M., & Nancy, B. (2012). Interpersonal Communication Research Advances Through Meta- Analysis. Lawrence Erlbaum Associates Publishe.

Anugraheni, I. (2019). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 9–18. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/1331

Asror, A. H. (2016). Meta-Analisis : PBL. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika. 508–513. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Barus, E. M. B. (2018). Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP ST. Thomas 1 Medan. CARTESIUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10–24.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UP, 1.

Imaludin Agus. (2019). EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, PRESTASI, DAN SELF-EFFICACY. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6 (2), 120–132.

Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI PECAHAN. 1(1), 291–300.

Panjaitan, A. M., & Hasibuan, E. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3(2).

Parhusip, Y. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.

Prasetyawan, E. (2018). Keefektifan pendekatan CTL dan discovery ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 168–180. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21221

Rahayu, S. E., & Febriati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo PErsada.

Sabandar, J. (2009). Matematika SMA/MA Kelas XI Program IPA. Bailmu.

Safitri, R. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika MIN 7 Tulungagung.

Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Pengaruh pendekatan problem posing dan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika bagi siswa SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 49–57. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.49-57

Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. EDUSAINS, VII (1), 97–104. website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains

Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA. 1–9.

Smith, B., & Shamsid – Deen, I. (2006). Contextual Practices in the Family and consumer sciences curriculum. Journal of family and consumer sciences education, 24(1), 14–27.

Suwanjal, U. (2016). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5, 61–67.

PlumX Metrics

Published

2021-08-31

How to Cite

Erlina, A. P. N., Widodo, S., & Handayani, A. D. (2021). Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 111–122. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.403