Meta – Analisis: Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Implementasi Pembelajaran Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.403Keywords:
Pembelajaran, Kontekstual, Berpikir KritisAbstract
Kemampuan siswa dalam berpikir kritis yang meningkat melalui implementasi pembelajaran kontekstual menjadi topik kajian dalam penelitian ini. Pembelajaran kontekstual melatih siswa untuk menemukan esensi/makna konsep matematika yang dipelajari. Dengan demikian, melalui pembelajaran kontekstual, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta penerapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal atau artikel yang relevan dengan pembelajaran kontekstual sebanyak sepuluh artikel. Penelitian ini menggunakan metode pembanding kuantitatif. Setelah dilakukan analisis, hasil yang diperoleh adalah  implementasi pembelajaran kontekstual efektif diterapkan untuk  dalam upaya peningkatan critical ability  siswa mulai dari peningkatan terendah sebesar 6,96% sampai dengan yang paling tinggi sebesar 69,36% dengan rata – rata peningkatan sebesar 40,70%.Downloads
References
Agustianto, E. (2018). Penerapan Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Kapasitas Berpikir Kritis Matematik Pesertadidik Di Tingkat Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1063. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1063-1070
Allen, M., Preiss, R. W., Gayle, B. M., & Nancy, B. (2012). Interpersonal Communication Research Advances Through Meta- Analysis. Lawrence Erlbaum Associates Publishe.
Anugraheni, I. (2019). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 9–18. https://ojs.uph.edu/index.php/JOHME/article/view/1331
Asror, A. H. (2016). Meta-Analisis : PBL. PRISMA Prosiding Seminar Nasional Matematika. 508–513. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Barus, E. M. B. (2018). Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP ST. Thomas 1 Medan. CARTESIUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 10–24.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2006). Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal UP, 1.
Imaludin Agus. (2019). EFEKTIVITAS GUIDED DISCOVERY MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, PRESTASI, DAN SELF-EFFICACY. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6 (2), 120–132.
Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). PERBEDAAN PENGARUH PENGGUNAAN PEMBELAJARAN SISWA PADA MATERI PECAHAN. 1(1), 291–300.
Panjaitan, A. M., & Hasibuan, E. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3(2).
Parhusip, Y. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 319–326.
Prasetyawan, E. (2018). Keefektifan pendekatan CTL dan discovery ditinjau dari prestasi, kemampuan berpikir kritis dan kecemasan matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 168–180. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21221
Rahayu, S. E., & Febriati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pasar Valuta Asing Pada Mata Kuliah Ekonomi Internasional 2 (Studi Mahasiswa Semester 5 Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi UMSU). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 94–107. https://doi.org/10.30596/jimb.v17i2.960
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. PT. Rajagrafindo PErsada.
Sabandar, J. (2009). Matematika SMA/MA Kelas XI Program IPA. Bailmu.
Safitri, R. Y. (2020). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika MIN 7 Tulungagung.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Pengaruh pendekatan problem posing dan CTL terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika bagi siswa SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 49–57. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.2.2018.49-57
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. EDUSAINS, VII (1), 97–104. website: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains
Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA. 1–9.
Smith, B., & Shamsid – Deen, I. (2006). Contextual Practices in the Family and consumer sciences curriculum. Journal of family and consumer sciences education, 24(1), 14–27.
Suwanjal, U. (2016). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 5, 61–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright:
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
- Copyright of any article on Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is held solely by the author under the Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY NC SA).
- Authors can submit papers separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (e.g. sending to the author's institutional repository, publication in a book, etc.) by acknowledging that the manuscript has been published for the first time in Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.
License:
Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY NC SA). This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compile, modify and develop this material for any purpose as long as it is not for commercial purposes. Additionally, anyone must provide credit and distribute contributions under the license of the creator of the original work.