Pengembangan Kartu Bermain AR Berbasis Teknologi Augmented Reality sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sindi Tiyasari
  • Dwi Sulisworo

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.411

Keywords:

Teknologi, Augmented Reality, Multimedia Pembelajaran, Pembelajaran Matematika, Pengembangan

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan teknologi augmented reality sebagai multimedia pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan hasil media pembelajaran untuk kelas V SD. Materi yang dipilih adalah jaring-jaring kubus. Penelitian ini menggunakan instrumen beta tes dengan model ARCS. Langkah-langkah penelitian ini yaitu analisis kebutuhan, rancangan awal dan ujicoba dengan item yang dinilai dalam instrument penelitian yaitu perhatian, relevansi, kepercayaan diri dan kepuasan. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan katu bermain AR dapat menarik minat siswa belajar, kartu bermain AR mudah digunakan, membantu dalam pembelajaran matematika dan memberikan kepuasan kepada penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, A., Degeng, I. N., & Husna, A. (2020). Pengembangan Buku Suplemen dengan Teknologi 3D Augmented Reality sebagai Bahan Belajar Tematik untuk Siswa Kelas 4 SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 111–118. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p111

Ahsan, M. G. K. (2020). Pengembangan Aplikasi Berbasis Augmented Reality pada Outdoor Mathematics Learning untu Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/39524

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Firmansyah, F. H., Aldriani, S. N. F., Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Pelajaran Matematika Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. JPM. 2 (2). 101-110.

Ghafar, A. (2020). Convergence between 21st century skills and entrepreneurship education in higher education institutes. International Journal of Higher Education, 9(1), 218–229. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n1p218

Hartini, A., Widyaningtyas, D., Mashluhah, M. I. (2017). Learning Strategies for slow learners using the project based learning model in primary school. Jurnal Pendidikan inklusi. 029-039.

Ismail, S. N., Muhammad, S., Omar, M. N., & Raman, A. (2020). The Great Challenge of Malaysian School Leaders’ Instructional Leadership: Can It Affect Teachers’ Functional Competency across 21st Century Education? Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2436–2443. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080627

Keller, J. M. (1987). Development and use of the ARCS model of instructional design. Journal of Instructional Development, 10(3), 2–10. https://doi.org/10.1007/BF02905780

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

Kizi, D. B. O. & Ungli, M. K. S. (2020). Roles of teachers in education of the 21st century. Science and Education, 1(3), 554–557.

Krishna, H. B. P., Buchori, A., Aini, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Semarang: JPMS. 6 (1). 61-69.

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575

Mahpudin, A., & Puadi, E. F. W. (2018). Rancang Bangun Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Fisika. 550–560.

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/4255

Mulyati, S., Junaedi, I., Sukestiyarno. (2020). Creative Critical Thingking Skillby Curiousity on Independent Learning by e-Learning. Semarang: Unnes Journal Mathematics Education Research. 208-2014.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro.

Nurdewanto, B., Sonalitha, E., , R., & Sunarwan, A. (2018). Multimedia Learning Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 3(2), 14–18. https://doi.org/10.26905/abdimas.v3i2.2587

Papanastasiou, G., Drigas, A., Skianis, C., Lytras, M., & Papanastasiou, E. (2018). Virtual and Augmented Reality Effects on K-12 and TertiaryEducation Students Twenty-first Century Skills. London: Springer Nature.

Pardimin., Apriadi., Ninsiana, W., Dacholfany, M. I., Kamar, K., The, K. S. M., Huda, M., Hananto, A. L., Muslihudin, M., Shankar, K., Kamenez, N. V., & Maseleo, A. (2018). Developing Multimedia Application Model for Basic Mathematics Learning. JARDCS. 10.

Setyawan, B., Rufi’I, Fatirul, A. N., Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsa. 78-90.

Ulfah, T. A., Wahyuni, E. A., & Nurtamam, M. E. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN SATUAN PANJANG. 955–961.

Wicaksana, R. A., & Pangaribuan, H. (2020). Rancangan Bangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Huruf Alfabet dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal Comasie. 3 (2).

Yu, S., Tsinakos, A., & Ally, M. (2020). Bridging Human and Machine Future Education with Intellegence. Beijing: Springer Nature Singapore pte.

PlumX Metrics

Published

2021-08-31

How to Cite

Tiyasari, S., & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Kartu Bermain AR Berbasis Teknologi Augmented Reality sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 123–132. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.411