Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA

Authors

  • Nanda Oski Septiyani Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Fitri Alyani Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.413

Keywords:

Konsep Diri, Model Rasch, Kemampuan Pemahaman Matematis

Abstract

Penelitian dengan metode kuantitatif dengan teknik korelasi ini bertujuan untuk menganalisis konsep diri terhadap kemampuan pemahaman  matematika siswa SMA. Sampel yang dikumpulkan adalah 154 tanggapan dari siswa SMA di Jakarta yang duduk di kelas XI IPA dan IPS. Data yang digunakan dalam bentuk angket konsep diri dan tes kemampuan pemahaman matematika. Data yang diambil diolah dengan aplikasi Winsteps dan SPSS versi 24.0 dari model Rasch untuk analisis. Hasil penelitian menjelaskan bahwa analisis data dari soal tes dapat diterima, tetapi respon siswa sangat lemah. Sebesar 0.6% konsep diri dari  pemahaman matematis siswa SMA tidak berhubungan, dan 99.4% dipengaruhi oleh variabel selain konsep diri dan kemampuan pemahaman matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayani, S. D. W. I. (2016). “Pengaruh Konsep Diri Dan Kecemasan Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika.†6(1):23–34.

Hartanti, J., & Marfu’i, L. N. R. (2020). “The Analysis of Self-Concept Scale in Engineering Faculty: A Rasch Model Analysis.†462(Isgc 2019):229–34. doi: 10.2991/assehr.k.200814.049.

Irawan, R. R., Asrina, A., & Yusriani. (2020). “Pembentukan Konsep Diri Remaja (Studi Pada Remaja Korban Perceraian Orang Tua) Di Kota Makassar Tahun 2020.†Window of Public Health Journal 01(02):48–58. doi: 10.33096/woph.vi.48.

Lestari, K. E & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refrilka Aditama.

Makmur,. Lambertus,. & Fahinu. (2021). “Pengaruh Self Concept.†9(1):127–40.

Marsh, H. W., & Yeung, A. S. (1997). “Coursework Selection: Relations to Academic Self-Concept and Achievement.†American Educational Research Journal 34(4):691–720. doi: 10.3102/00028312034004691.

Marsh, H. W. (1992). “Achievement and Academic Self-Concept.†Journal of Educational Psychology 84(1):35–42.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). “Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.†Edumatica 08(1):58–66.

Pasaribu, E. (2017). “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing.†Maju 4(2):70–81.

Ramdhani, M.R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). “Student ’ s Mathematical Understanding Ability Based on Self-Efficacy Student ’ s Mathematical Understanding Ability Based on Self- Efficacy.â€

Rohmat, A. N., & Lestari, W. (2019). “Pengaruh Konsep Diri Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.†JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5(1):73. doi: 10.30998/jkpm.v5i1.5173.

Siti, N., & Aldila, E. (2019). “Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Auditory Intellectualy Repetition Dan Student Teams Achievement Division Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika.†8(September):515–26.

Sumartini, T. S. (2015). “Mengembangkan Self Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attainment.†4:48–58.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata.

Syarifah, L. L. (2017). “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA Ii.†10(2):57–71.

Tok, Ş. (2013). “Effects of the Know-Want-Learn Strategy on Students’ Mathematics Achievement, Anxiety and Metacognitive Skills.†Metacognition and Learning 8(2):193–212. doi: 10.1007/s11409-013-9101-z.

Viki, V. F., & Handayani, I. (2020). “Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy.†Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4(1):189–202. doi: 10.36526/tr.v4i1.906.

Wijayanti, P. S. (2013). “Pengaruh Pendekatan MEAs Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah , Komunikasi The Effects of the Instructional Approach of MEAs on the Students ’ Problem Solving Skill , Mathematics Communication , and Self-Confidence.†PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 8:181–92.

Yunisha, R., Prahmana, R. C. I., & Sukmawati, K. I. (2016). “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP.†Jurnal Elemen 2(2):136. doi: 10.29408/jel.v2i2.284.

Zahara, E., Murni, A., & Hutapea, N. M. (2020). “Development of Mathematics Learning Tools by Implementing Numbered Head Together Type Cooperative Models to Improve Students’ Mathematical Understanding Ability in Matrix Topic.†Journal of Educational Sciences 4(2):250. doi: 10.31258/jes.4.2.p.250-260.

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self-Confidence Melalui Pembelajaran Peer Instruction With Structured Inquiry (Pisi).†Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 11(1). doi: 10.30870/jppm.v11i1.2984.

PlumX Metrics

Published

2021-08-31

How to Cite

Septiyani, N. O., & Alyani, F. (2021). Analisis Konsep Diri terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMA. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.30736/voj.v3i2.413