Deskripsi Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Program Linear

Donny Dwi Farisdianto

Sari


Berpikir aljabar merupakan salah satu jenis berpikir yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir aljabar siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal program linear. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa yang telah diberikan tes kemampuan matematika dan mewakili masing-masing kelompok kemampuan matematika yaitu kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi. Setelah subjek penelitian ditentukan, maka tiga siswa diberikan soal program linear dan dilakukan wawancara. Hal tersebut dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu yang berbeda. Dari hasil tersebut ditemukan sedikit perbedaan, yaitu siswa berkemampuan matematika rendah dalam mencari solusi dari permasalahan tidak menggunakan konsep pada materi program linear dengan benar. Sehingga, hasil tersebut menyarankan kepada pendidik untuk lebih memperhatikan siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika

Kata Kunci


Berpikir Aljabar, Penyelesaian Masalah, Program Linear

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kieran, Carolyn. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What is it?. The mathematics educator. Vol.8, No.1 2004, Pp. 139-151

Kieran, Carolyn. (2017). Seeking, using, and expressing structure in numbers and numerical operations: A fundamental path to developing early algebraic thinking. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-68351-5_4

Kriegler, Shelly. (2008). Just What is Algebraic Thinking? Submitted for Algebraic Concepts in the Middle School A special of Mathematics Teaching in the Middle School. Online. http://math630801teachingofalgebraicconcepts.pbworks.com/f/Just+What+is+Algebraic+Thinking+Kriegler+1-18-11.pdf. Diakses pada tanggal 30 Januari 2019

Krismanto. Al. (2004). Diklat instruktur/pengembang matematika smp jenjang dasar. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika

Patton, Barba & Santos, Estella De Los. (2012). Analyzing algebraic thinking using “gues my number” problems”. International journal of instruction. Vol. 5, No. 1. Pp. 5-22

Ratumanan, T.G dan Lauren. (2003). Evaluasi hasil belajar yang relevan dengan kurikulum berbasis kompetensi. Surabaya: Unesa University Press

Windsor, Will. (2010). Algebraic thinking: a problem solving approach. Len sparrow, barry Kissane, and chris hurst (ed), shaping the future of mathematics education proceeding oh the 33rd annual conference of the mathematics education research group of Australasia. John Curtin College of the Art, Fremantle, 3-7 July 2010




DOI: https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.87

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


TERINDEKS:

    

 

BASE Logo

 

 

 

 

  

 

 

         

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, P-ISSN: 2656-2286, E-ISSN: 2656-5846 disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.