Peningkatan Pembelajaran Model Jigsaw Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Luluk Setiyowati

DOI:

https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.92

Keywords:

Jigsaw, luas permukaan, bangun ruang sisi datar

Abstract

Pada pembelajaran menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar yang meliputi kubus, balok, prisma dan limas salah satu materi yang sulit dan hasil ulangan harian nilainya rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru dimana siswa hanya mendengar, mencatat, serta tidak terlibat aktif dalam pembelajaran yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan model Jigsaw  ini ternyata dapat meningkatkan pembelajaran materi menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma, dan limas dengan data sebagai berikut: persentase hasil observasi aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar rata–ratanya 84,17%, persentase hasil observasi aktivitas guru dalam mengajar rata–ratanya 84,09%, rata–rata tes setelah pembelajaran 91,57 dan rata–rata ulangan harian 89,87 dengan persentase siswa yang tuntas 97,22%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinawan, M. C., dkk. (2007). Matematika untuk SMP Kelas VIII Semester 1, Jakarta : Erlangga.

Ibrahim, M., dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif, Surabaya : University Press UNESA.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sutikno, M. S. (2007) Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, Mataram : NTP Press.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Widayati, S. N. (2009). Penelitian Tindakan Kelas ( hand out ), Surabaya : LPMP.

PlumX Metrics

Published

2019-02-01

How to Cite

Setiyowati, L. (2019). Peningkatan Pembelajaran Model Jigsaw Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.92