Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Keterampilan Proses untuk Mengajarkan Life Skills Siswa
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.10Abstract
Pembelajaran IPA di Indonesia selama ini masih banyak menggunakan cara yang konvensional yaitu ceramah, sehigga perlu diterapkannya suatu pendekatan belajar yang  lebih  mengutamakan  pada  proses  belajar  dari  pada  produk  yaitu  dengan pendekatan keterampilan proses. Oleh karena itu perlu dikembangkannya perangkat pembelajaran biologi yang berorientasi keterampilan proses yang sekaligus diorientasi-kan untuk mengajarkan kecakapan hidup (life skills) siswa. Life skills penting diajarkan karena dapat membekali peserta didik dalam menghadapi dan memecahkan problem hidup dan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran, hasil uji coba perangkat pembelajaran untuk mengajarkan life skills melalui keterampilan proses. Metode penelitian yang digunakan merupakan jenis  penelitian  pengembangan.  Hasil  dari  penelitian  yag  telah  dilakukan  ialah pelaksanaan pembelajaran biologi berorientasi keterampilan proses yang didukung oleh ketersediaan perangkat pembelajaran yang telah di validasi oleh para pakar dapat mengajarkan life skills, pada siswa kelas VII SMP.Keywords: Pembelajaran IPA, Life Skills
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-12-01
How to Cite
Sulistiono, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Keterampilan Proses untuk Mengajarkan Life Skills Siswa. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.10
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran