Penggunaan Metode Praktek Terbimbing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016

Authors

  • Kusnan Kusnan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

DOI:

https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.12

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode praktek terbimbing pada pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasilbelajar  teknik  dasar  lompat  jauh  gaya  jongkok  siswa  kelas  VIII  C  SMPN  3  Ngimbang semester  II  tahun  pelajaran  2015/2016.  Sasaran  atau  subyek  penelitian  ini   adalah semua  siswa  kelas  VIII-C  SMPN  3  Ngimbang  semester  II  tahun  pelajaran  2015/2016 yang  berjumlah  36  siswa.  Penelitian  ini  menggunakan  p enelitian  tindakan  (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap -tahap yaitu rancangan, kegiatan  dan  pengamatan,  serta refleksi.  Sebelum  memasuki  siklus  I,  terlebih  dahulu dilakukan  identifikasi  pembelajaran  pada  pra  tindakan.  Data  yang  diperoleh  berasal dari  hasil  observasi  aktivitas  siswa  selama  mengikuti  proses  pembelajaran  dan  juga hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa melakukan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok.  Dari  Penelitian  yang  telah  dilakukan  melalui  3  siklus ,  dapat  diambil  satu kesimpulan  bahwa  penggunaan  metode  praktek  terbimbing  pada  pembelajaran pendidikan  jasman i  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  teknik  dasar  lompat  jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang semester II tahun pelajaran 2015-2016.

Keywords: Praktek Terbimbing, Pendidikan Jasmani

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published

2016-12-01

How to Cite

Kusnan, K. (2016). Penggunaan Metode Praktek Terbimbing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.12