Penggunaan Metode Praktek Terbimbing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016
DOI:
https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.12Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode praktek terbimbing pada pembelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasilbelajar teknik dasar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII C SMPN 3 Ngimbang semester II tahun pelajaran 2015/2016. Sasaran atau subyek penelitian ini  adalah semua siswa kelas VIII-C SMPN 3 Ngimbang semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan p enelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap -tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, serta refleksi. Sebelum memasuki siklus I, terlebih dahulu dilakukan identifikasi pembelajaran pada pra tindakan. Data yang diperoleh berasal dari hasil observasi aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran dan juga hasil penilaian terhadap hasil belajar siswa melakukan teknik dasar lompat jauh gaya jongkok. Dari Penelitian yang telah dilakukan melalui 3 siklus , dapat diambil satu kesimpulan bahwa penggunaan metode praktek terbimbing pada pembelajaran pendidikan jasman i dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang semester II tahun pelajaran 2015-2016.Keywords: Praktek Terbimbing, Pendidikan Jasmani
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-12-01
How to Cite
Kusnan, K. (2016). Penggunaan Metode Praktek Terbimbing Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 3 Ngimbang Semester II Tahun Pelajaran 2015-2016. Reforma : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.30736/rfma.v4i1.12
Issue
Section
Artikel
License
Penulis yang mempublikasikan naskahnya pada Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis, dan penulis mengakui bahwa Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran berhak sebagai pihak yang mempublikasikan pertama kali dengan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).
- Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Berdasarkan ketentuan berikut:
- Atribusi —Mereka harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Mereka dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Mereka atau penggunaan Mereka.
- BerbagiSerupa — Apabila Mereka menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Mereka harus menyebarluaskan kontribusi Mereka di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Mereka tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif  dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran